Jumat 07 Oct 2022 17:17 WIB

Netizen Nilai Ridwan Kamil Capres Paling Kompeten dan Jujur

Ada delapan tokoh nasional yang masuk dengan penuh pertimbangan dalam survei.

Rep: Arie Lukihardianti / Red: Agus Yulianto
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.
Foto: Antara
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jabar Ridwan Kamil dinilai netizen sebagai calon presiden 2024 paling kompeten dan jujur dibanding calon yang lainnya. Penilaian ini tergambar dari hasil survei yang dilakukan oleh Semart Politik Club dan Poljokes. 

Survei ini dilakukan untuk melihat sentimen netizen di sosial media terhadap tokoh-tokoh politik yang akan maju di Pilpres 2024 terhadap 2.838 responden pada September lalu.

Menurut Pembina Semart Politik Club yang juga asociate profesor Nanyang Technological University (NTU) Singapura, Sulfikar Amir, survei yang dilakukan oleh lembaga sigi biasanya banyak mengukur elektabilitas dan kesukaan. 

“Kita ukur dua dimensi aspek paling penting bagi seorang politik untuk bisa mengelola pemerintahan. Governing skill keterampilan untuk mengelola pemerintah. Itu ada dua aspek kompetensi dan kejujuran,” ujar Sulfikar dikutip siniar TotalPolitik, Kamis malam (6/10).

Sulfikar menjelaskan, pihaknya dalam survei ini mengukur kualitas dari satu tokoh politik soal kompetensi dan kejujuran. Ada delapan tokoh nasional yang masuk dengan penuh pertimbangan dalam survei tersebut.

“Yang kita masukan dua aspek, pertama soal elektabilitas, kedua dia seorang yang memiliki sumber daya politik yang memungkinkan dia masuk dalam pilpres artinya dia elit parpol,” katanya.

Kedelapan tokoh politik tersebut antara lain Anies Baswedan, Airlangga Hartarto, Agus Harimurti Yudoyono (AHY), Ganjar Pranowo, Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto, Puan Maharani, dan Ridwan Kamil. 

Menurut Sulfikar, pihaknya memakai metode klasik analitical hierarki process untuk mengukur aspek kompetensi dan kejujuran para tokoh tersebut. “Kita mendapatkan satu cara membandingkan satu tokoh dan tokoh yang lain,” katanya. 

Dari hasil survei terkait kompetensi, Ridwan Kamil duduk di peringkat pertama dengan survei positif sebanyak 47,32 persen, disusul Anies Baswedan 40,00 persen lalu diikuti Prabowo 16,50 persen dan Ganjar Pranowo 15,56 persen. Sementara AHY, Airlangga, Muhaimin dan Puan mendapatkan hasil survei negatif tertinggi.

“Ini menarik, empat tokoh positif ini tiga diantaranya kepala daerah, jadi kepala daerah ini bisa menunjukan skill-nya, kalau yang di Pusat kan sulit wujud (kompetensi) apa? Begitu juga partai,” papar Sulfikar. 

Sementara Hasil survei terkait kejujuran, netizen menganggap Ridwan Kamil sebagai tokoh yang dianggap kejujurannya tinggi. Ridwan Kamil tertinggi positif 43,61 persen.

Kemudian diikuti Anies Baswedan 33,31 persen, Ganjar 93,9 persen lalu Prabowo 5,94 persen dan AHY positif kejujurannya 5,15 persen. “Ganjar dianggap jujur tapi tidak seperti Ridwan Kamil,” katanya.

Sulfikar mengatakan aspek kejujuran yang dinilai netizen dalam survei tersebut yakni tokoh tersebut tidak terlibat dalam skandal korupsi, konsistensi antara ucapan dan tindakan. 

“Ini persepsi netizen. (Survei) ini paling tidak ini jadi masukan buat tokoh politik bahwa sentimen netizen di dunia maya seperti ini,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement