PP Disiplin PNS Kini tak Atur Ketentuan Pidana PNS

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Andi Nur Aminah

Ilustrasi PNS Terlibat Narkoba
Ilustrasi PNS Terlibat Narkoba | Foto: Pixabay

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peraturan Pemerintah Nomor 94 Tahun 2021 tentang disiplin PNS kini tidak lagi mengatur ketentuan pidana bagi pegawai negeri sipil (PNS). Karena itu, bagi PNS yang tersangkut kasus pidana, ketentuannya mengikuti aturan KUHP.

"(PP) tidak lagi mengatur ketentuan pidana sehingga bagi PNS yang melakukan pelanggaran disiplin dan ada unsur pidananya, maka ditangani sesuai ketentuan perundang-undangan pidana terhadap PNS yang bersangkutan," ujar Karo Humas Badan Kepegawaian Negara Satya Pratama dikutip dari siaran pers BKN, Ahad (19/9).

Baca Juga

Jika dalam implementasinya, terdapat PNS yang melanggar hukum dan tersangkut kasus pidana, maka akan langsung dilaporkan ke aparat hukum, tanpa disertai sanksi disiplin PNS.

Kondisi ini berbeda dengan aturan PP sebelumnya yakni PP 53/2010, mengatur jika PNS yang terkena hukum pidana masih akan menjalani sanksi disiplin. Namun, PNS akan diberhentikan sementara jika PNS diduga terlibat dalam tindak pidana dan ditahan karena menjadi tersangka. 

Pemberhentian sementara bagi PNS yang ditahan karena menjadi tersangka tindak pidana berlaku sejak PNS ditahan. "Penahanan tersebut dibuktikan dengan surat perintah penahanan dari pejabat yang berwenang," katanya.

Sesuai ketentuannya, penahanan yang dimaksud termasuk penahanan yang harus dijalani pada rumah tahanan. Penahanan yang tidak harus dijalani pada rumah tahanan yakni tahanan rumah atau tahanan kota, maupun penangguhan penahanan dari pengadilan.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


PP Disiplin PNS Kini tak Atur Ketentuan Pidana PNS

Puluhan ASN Pemprov Aceh Dijatuhi Hukuman Kedisiplinan

Padang Panjang Edukasi Kepsek dan Komite Bahaya Tipikor

KPK Didorong Maksimalkan Upaya Pencegahan Korupsi

Jampidsus Periksa 3 Saksi Dugaan Korupsi LPEI

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image