Jumat 03 Feb 2023 10:31 WIB

Ancaman Rob Kembali datang, Pesisir Indramayu Diimbau Waspada

Pesisir Jawa Barat menjadi salah satu wilayah pesisir di Indonesia yang berpotensi me

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Agus Yulianto
Banjir akibat gelombang tinggi air laut (rob), kembali melanda pesisir Kabupaten Indramayu, tepatnya di Desa Eretan Kulon dan Desa Eretan Wetan, Kecamatan Kandanghaur.
Foto: Korlap Tagana Indramayu
Banjir akibat gelombang tinggi air laut (rob), kembali melanda pesisir Kabupaten Indramayu, tepatnya di Desa Eretan Kulon dan Desa Eretan Wetan, Kecamatan Kandanghaur.

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Masyarakat di pesisir Kabupaten Indramayu diimbau untuk waspada. Hal itu menyusul adanya fenomena fase bulan purnama pada 5 Februari 2023 yang berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum.

Forecaster Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kertajati, Kabupaten Majalengka, Ahmad Faa Izyn, menjelaskan, berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut, serta peningkatan ketinggian gelombang mencapai 4.0 – 6.0 meter di perairan selatan Jawa hingga NTT, maka banjir pesisir (rob) berpotensi terjadi di beberapa wilayah pesisir Indonesia.

Baca Juga

Pria yang biasa disapa Faiz itu menjelaskan, pesisir Jawa Barat menjadi salah satu wilayah pesisir di Indonesia yang berpotensi mengalami banjir rob. Termasuk didalamnya adalah pesisir Indramayu. ‘’Untuk pesisir Jawa Barat, termasuk pesisir Indramayu, potensi rob terjadi pada 2 – 10 Februari 2023,’’ ujar Faiz, Jumat (3/2/2023).

Faiz mengatakan, secara umum, kondisi tersebut berdampak pada aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir. Seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan maupun permukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat.

‘’Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari banjir rob,’’ tukas Faiz.

Tak hanya ancaman rob, Faiz pun mengingatkan masyarakat di Kabupaten Indramayu untuk mewaspadai curah hujan pada Februari – Maret. Meski  curah hujan di wilayah Kabupaten Indramayu diprakirakan berada pada kategori menengah, namun curah hujan di wilayah hulu sungai Cimanuk masih kategori tinggi hingga sangat tinggi. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement