Kamis 09 Sep 2021 22:19 WIB

Revitalisasi Tahap Dua Waduk Darma Kuningan Dimulai

Tahap revitalisasi lanjutan itu akan menyasar beberapa titik.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Muhammad Fakhruddin
Revitalisasi Tahap Dua Waduk Darma Kuningan Dimulai (ilustrasi).
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Revitalisasi Tahap Dua Waduk Darma Kuningan Dimulai (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,KUNINGAN -- Revitalisasi tahap dua di obyek wisata Waduk Darma, Kabupaten Kuningan, dimulai. Proyek yang dibiayai Pemprov Jabar dengan anggaran Rp 28 miliar itu diharapkan akan mampu menarik lebih banyak wisatawan.

Dimulainya revitalisasi tahap dua itu ditandai dengan doa bersama yang diikuti Bupati Kuningan, Acep Purnama, camat Darma, para kepala desa Kecamatan Darma, warga maupun para pelaku usaha yang berada di lokasi sekitar area Waduk Darma, Kamis (9/9).

Tahap revitalisasi lanjutan itu akan menyasar beberapa titik, seperti area permainan anak-anak hingga warung milik pedagang di kawasan wisata. Dengan demikian, para pedagang untuk sementara waktu akan direlokasi hingga proyek revitalisasi selesai.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Kuningan, Ridwan Setiawan, menjelaskan, pengerjaan revitalisasi itu rencananya akan berlangsung selama 110 hari kerja, atau sekitar tiga bulan. Sehingga ditargetkan selesai pada akhir Desember 2021.

Ridwan menyebutkan, anggaran yang dipersiapkan dalam revitalisasi tahap kedua itu mencapai Rp 28 miliar dari Pemprov Jabar. Beberapa sasaran proyek revitalisasi yakni pembangunan masjid, gedung serba guna, kantor pengelola dan area pedagang.

‘’Untuk para pedagang, kami sudah rencanakan sementara relokasi dulu di kawasan sebelah Polsek Darma,’’ kata Ridwan.

Ridwan berharap, pada awal 2022, kawasan wisata Waduk Darma bisa beroperasi normal kembali. Karena itu, butuh dukungan dari semua pihak, khususnya pedagang dan warga di kawasan Waduk Darma Kuningan. Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan sejumlah instansi terkait, seperti BBWS Cimanuk Cisanggarung dan Dinas SDA Provinsi Jawa Barat. ‘’Insya Allah semuanya mendukung,’’ cetus Ridwan.

Ridwan pun berdoa agar pelaksanaan proyek bisa berjalan sesuai waktu yang direncanakan. Sehingga kedepan, objek wisata Waduk Darma menjadi lebih representative dan menjadi kawasan wisata bertaraf internasional, sesuai harapan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil.

Sementara itu, Bupati Kuningan, Acep Purnama, menyampaikan terima kasihnya kepada gubernur Jabar, atas terealisasinya revitalisasi Waduk Darma. Dia menyatakan, Waduk Darma merupakan kebanggaan warga Kuningan sekaligus unggulan masyarakat Jawa Barat.

‘’Mari kita mendukung program revitalisasi Waduk Darma tahap dua ini sebagai destinasi wisata unggulan di Jawa Barat, untuk menyongsong para wisatawan,’’ kata Acep.

Acep pun berpesan agar kualitas pengerjaan proyek tersebut bisa baik dan memiliki nilai manfaat selamanya.

‘’Walau kebijakannya dari Provinsi Jabar, tapi kita adalah penerima manfaatnya. Silahkan saling mengingatkan agar pembangunan berkualitas baik. Saya tidak ingin umur bangunan hanya sebentar. Saya akan mengontrol proyek ini,’’ tandas Acep. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement