Kamis 24 Jun 2021 14:40 WIB

Ratusan Nakes di Indramayu Terpapar Covid-19

Ada 440 nakes yang terpapar sejak awal pandemi hingga sekarang

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Andi Nur Aminah
Dua nakes yang terkonfirmasi positif COVID-19 menjalani proses isolasi terpusat (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Idhad Zakaria
Dua nakes yang terkonfirmasi positif COVID-19 menjalani proses isolasi terpusat (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Selama pandemi, ratusan tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Indramayu turut terpapar Covid-19. Pemkab Indramayu pun akan merekrut relawan nakes guna membantu penanganan terhadap pasien Covid-19. "Ada 440 nakes yang terpapar sejak awal pandemi hingga sekarang," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu, Deden Bonni Koswara, kepada Republika.co.id, Kamis (24/6).

Deden mengakui, kondisi tersebut membuat Kabupaten Indramayu mengalami kekurangan nakes. Meski demikian, pelayanan kesehatan kepada masyarakat tetap berjalan.

Baca Juga

Sebelumnya, hal tersebut juga disampaikan Bupati Indramayu, Nina Agustina. Untuk mengatasi kondisi tersebut, pihaknya akan merekrut relawan nakes untuk menangani pasien Covid-19. Apalagi, Pemkab Indramayu akan segera menambah tempat perawatan bagi pasien Covid-19. "Pasti akan ada (rekrut relawan nakes). Karena kita kekurangan tenaga kesehatan dan ada beberapa nakes juga yang terpapar," kata Nina.

Nina menyatakan, pihaknya akan segera membuka tempat-tempat perawatan bagi pasien Covid-19, seperti di RS PMC maupun Wisma Haji. Di RS PMC, akan tersedia 26 tempat tidur. Sedangkan di Wisma Haji, rencananya akan ditempatkan 50 tempat tidur bagi pasien Covid-19.

Selain itu, lanjut Nina, pihaknya juga mengerahkan dokter umum maupun para nakes yang ada di puskesmas untuk dialihkan ke rumah sakit. Mereka akan membantu menangani para pasien Covid-19.

Nina meminta kepada warganya agar ikut membantu mengendalikan sebaran Covid-19 dengan mematuhi protokol kesehatan secara disiplin. "Ayo bangkit dan lawan pandemi ini dimulai dari diri kita, keluarga dan lingkungan sekitar kita dengan menerapkan protokol kesehatan," kata Nina. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement