Sabtu 09 Jul 2022 01:05 WIB

PM Swedia Kecam Anggota Parlemen yang Berpose dengan Simbol PKK

PM Swedia mengingatkan PKK adalah kelompok teroris yang dicap di Eropa

Perdana Menteri Swedia Magdalena Andersson mengkritik sekelompok anggota parlemen sayap kiri karena berpose dengan bendera kelompok teroris PKK
Perdana Menteri Swedia Magdalena Andersson mengkritik sekelompok anggota parlemen sayap kiri karena berpose dengan bendera kelompok teroris PKK

REPUBLIKA.CO.ID., ANKARA -- Perdana Menteri Swedia Magdalena Andersson mengkritik sekelompok anggota parlemen sayap kiri karena berpose dengan bendera kelompok teroris PKK.

"(Ini) Sangat tidak pantas," kata Andersson kepada kantor berita negara itu TT, mengingat bahwa PKK adalah organisasi teror yang ditetapkan tidak hanya di Swedia tetapi di Uni Eropa.

Terlepas dari komitmen dalam memorandum, yang ditandatangani antara Turki, Finlandia dan Swedia mengenai kerja sama penuh dalam memerangi terorisme, gambar di media sosial pada Selasa menunjukkan anggota parlemen dari Partai Kiri berpose dengan bendera kelompok teror PKK dan organisasi cabangnya di Suriah YPG dan YPJ .

Menteri Luar Negeri Swedia Ann Linde juga menyebut kegiatan kelompok teror itu "sama sekali tidak dapat diterima."

“PKK dicap sebagai organisasi teroris sejak tahun 1984 oleh pemerintah Olof Palme. Dan dengan alasan yang bagus. PKK merenggut banyak nyawa manusia yang tidak bersalah,” kata dia di Twitter, menandai Menteri Kehakiman Morgan Johansson.

Linde meminta Partai Kiri untuk segera berhenti mendukung kelompok teror PKK. Johansson juga memperingatkan Partai Kiri dengan memposting pernyataan yang sama di Twitter.

Komitmen dari Dua Negara Nordik

Perwakilan dari 30 negara anggota NATO menandatangani protokol aksesi untuk Finlandia dan Swedia, setelah secara resmi mengundang mereka ke aliansi militer pada pertemuan puncak bersejarah di Madrid pekan lalu.

Kedua negara menghindari netralitas dan mendaftar untuk bergabung dengan NATO pada Mei, sebuah keputusan yang didorong oleh perang Rusia di Ukraina.

Tetapi Turki, anggota lama aliansi, menyuarakan keberatan atas tawaran keanggotaan mereka, mengkritik negara-negara tersebut karena menoleransi dan bahkan mendukung kelompok teroris.

Menjelang KTT, Ankara dan kedua negara Skandinavia menandatangani MoU setelah pembicaraan empat arah, termasuk bersama NATO di Madrid.

Perjanjian tersebut memungkinkan kedua negara Nordik untuk menjadi anggota NATO tetapi mengkondisikan mereka untuk mengambil langkah-langkah atas keprihatinan terorisme Türkiye dan mencabut embargo senjata di Ankara.

Setelah kesepakatan trilateral, NATO secara resmi mengundang Swedia dan Finlandia untuk bergabung dengan aliansi militer beranggotakan 30 negara.

 

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/pm-swedia-kecam-anggota-parlemen-yang-berpose-dengan-simbol-pkk/2632817
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement