Kamis 07 Jul 2022 23:55 WIB

Pameran Agrobisnis Jatim akan Dihadiri Perwakilan Pengusaha B20

Selama ini sektor pertanian menjadi penyumbang terbesar ketiga ekonomi Indonesia.

Pameran Agrobisnis Jatim akan Dihadiri Perwakilan Pengusaha B20 (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Aprillio Akbar
Pameran Agrobisnis Jatim akan Dihadiri Perwakilan Pengusaha B20 (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA -- Pameran agrobisnis skala internasional atau Indonesia Agro Expo (Inagro) Expo 2022 yang diinisiasi Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur, rencananya dihadiri perwakilan pengusaha B20 dan sejumlah negara sahabat.

Ketua Umum Kadin Jatim, Adik Dwi Putranto mengatakan, Inagro Expo 2022 akan digelar pada Agustus 2022, dan memfasilitasi seluruh pelaku industri pertanian, perkebunan dan perikanan mulai hulu hingga hilir. "Tidak hanya bisa memamerkan produk yang dihasilkan, pelaku industri agro juga bisa mengikuti berbagai kegiatan yang akan memberikan pengalaman dan pengetahuan tentang teknologi pertanian modern," katanya, Kamis (7/7/2022).

Baca Juga

Dalam pameran itu, kata Adik, juga akan ada forum bisnis yang mempertemukan pebisnis bidang agro dari hulu hingga hilir. "Dan Jatim sebagai provinsi agro diharapkan menyampaikan peluang investasi terkait industri agro di Jatim. Kemudian forum bisnis ini dilanjutkan dengan one on one business, antara provinsi Jatim dengan pemerintah luar negeri atau pengusaha Jatim dengan pengusaha luar negeri," kata Adik Dwi.

Dengan dipamerkannya teknologi pertanian modern di Inagro Expo 2022, diharapkan terjadi transfer keilmuan antarpetani dengan pengusaha lain, sehingga tercipta model pertanian modern dengan tingkat produktivitas yang tinggi. Adik mengatakan, selama ini sektor pertanian menjadi penyumbang terbesar ketiga ekonomi Indonesia dan Jatim. Namun, kinerja dari tahun ke tahun cukup lambat bahkan cenderung menurun.

Hal ini menurut lulusan Universitas Brawijaya Malang ini karena belum terbangunnya ekosistem pertanian Indonesia yang tangguh dan berdaya saing tinggi. "Untuk itulah, Kadin Jatim bersama stakeholder terkait menggelar pameran Inagro Expo 2022. Rangkaian kegiatan Inagro kami harapkan mendorong terbangunnya ekosistem pertanian yang tangguh sehingga menjadi leading sektor dalam pemulihan ekonomi nasional, khususnya Jawa Timur. Karena Jatim adalah kontributor terbesar kedua untuk ekonomi Indonesia," kata Adik.

Project Manager B20 Side Event Inagro Expo & Business Forum, Afifah Rahmania mengatakan, panitia pameran telah melayangkan undangan kepada Konsulat Jenderal dari 24 negara yang ada di Surabaya dan sejumlah Duta Besar, di antaranya Duta Besar dari negara Amerika Serikat dan Belanda. "Yang dalam negeri kami mengundang 34 gubernur beserta delegasi dari provinsi terkait untuk hadir dan mengikuti pameran, sejumlah BUMN dan BUMD, serta seluruh Kadin Provinsi di seluruh Indonesia dan sekitar 110 perusahaan agro. Selain itu, sejumlah menteri dan perwakilan dari perusahaan internasional juga akan turut menjadi pembicara atau memberikan kynote speak dalam kegiatan Inagro Expo 2022," katanya.

Terkait jumlah stand yang tersedia, ia mengatakan mencapai 150 stand hingga 160 stand dengan rincian 119 untuk stand indoor dan 35 stand untuk outdoor. "Dari seluruh stand yang tersedia, yang sudah dipesan sekitar 30 persen. Sebenarnya sudah banyak yang menyatakan minatnya. Tetapi karena masih sekitar satu bulan lagi, maka mereka masih menunggu untuk pesan," katanya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement