Monday, 17 Muharram 1444 / 15 August 2022

KPK Buru Bukti Dugaan Korupsi di Mamberamo Papua Hingga ke Bekasi

Kamis 07 Jul 2022 17:38 WIB

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Ilham Tirta

Juru Bicara KPK Ali Fikri.

Juru Bicara KPK Ali Fikri.

Foto: ANTARA/Reno Esnir
KPK mengaku telah menemukan bukti dalam penggeledahan di tiga wilayah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memburu bukti dugaan pidana rasuah di Mamberamo Tengah, Papua hingga ke sejumlah daerah di pulau Jawa. KPK melakukan penggeledahan di sejumlah wilayah guna mencari bukti dugaan korupsi tersebut.

Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri mengungkapkan, penyidik melakukan penggeledahan di Kabupaten Bekasi, Jakarta Pusat, dan Kabupaten Sleman. Lembaga antirasuah itu mengaku telah menemukan bukti terkait dugaan korupsi dimaksud dalam penggeledahan tersebut.

Baca Juga

"Ditemukan dan diamankan berbagai bukti untuk menguatkan unsur dugaan perbuatan pidana korupsi dimaksud, di antaranya berupa dokumen transaksi aliran sejumlah uang yang diduga diterima oleh pihak yang terkait dengan perkara," kata Ali Fikri di Jakarta, Kamis (7/7/2022).

Adapun, lokasi yang dimaksud adalah rumah kediaman dan apartemen dari pihak-pihak yang terkait dengan perkara ini. Ali mengatakan, temuan bukti tersebut kemudian disita dan akan dikonfirmasi kepada berbagai pihak yang dipanggil sebagai saksi, termasuk para tersangka dalam kasus ini.

Ali masih enggan memerinci lebih lanjut identitas para tersangka dalam kasus ini. Kendati, dia mengatakan kalau tersangka dalam kasus ini berasal dari pihak pemerintah kabupaten Mamberamo Tengah maupun swasta.

"Pada saat penyidikan ini cukup, kami pastikan KPK akan umumkan siapa saja pihak yang telah ditetapkan sebagai tersangka dalam perkara ini," katanya.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA