Kamis 07 Jul 2022 17:11 WIB

Jasa Marga Berlakukan Rekayasa Lalu Lintas di Tol Japek Imbas Proyek Kereta Cepat

Rekayasa lalin untuk mengantisipasi dampak pengerjaan girder jembatan di Tol Japek.

Sejumlah melihat box girder proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang berada di atas Jembatan Antelope di Curug, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (15/6/2022).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sejumlah melihat box girder proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang berada di atas Jembatan Antelope di Curug, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (15/6/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, KOTA BEKASI -- PT Jasa Marga (Persero) Tbk menerapkan skema rekayasa lalu lintas guna mendukung proyek Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) yang tengah melakukan pemasangan Jembatan duplikasi Antelope tepat di atas Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek Kilometer 06+145."Rekayasa lalu lintas ini atas diskresi kepolisian untuk mempercepat penyelesaian pekerjaan yang dimaksud," kata Operation and Maintenance Departement Head Representative Office 1 PT Jasamarga Transjawa Tol Nouval M Rizky di Bekasi, Kamis (7/7/2022).

Nouval mengatakan pekerjaan pemasangan duplikasi Overpass Antelope sudah berlangsung sejak Senin (27/6/2022) hingga Selasa (5/7/2022) pada periode window time yakni pukul 22.00-04.00 WIB yang dilanjutkan kembali hingga selesai. Pihaknya kembali melanjutkan pengaturan lalu lintas mulai Rabu (6/7/2022) kemarin, Selasa (12/7/2022), dan Rabu (13/7/2022) pada periode waktu yang sama sesuai pekerjaan dengan tetap mempertimbangkan kondisi lalu lintas.

Baca Juga

"Selama pekerjaan berlangsung akan diberlakukan skema buka tutup lajur namun kami tegaskan, tidak ada penutupan di kedua arah Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek," katanya.

Menurut dia pengaturan lalu lintas ini dilakukan untuk memastikan keamanan dan keselamatan pengguna jalan di sekitar lokasi pekerjaan. Sejumlah skema pengaturan kendaraan disiapkan baik yang menuju arah Jakarta maupun Cikampek.

Kendaraan arah Cakung menuju Cawang dialihkan di KM 10 Cikunir melalui Jalan Tol JORR E arah Taman Mini, arah Jatiasih menuju Cawang dialihkan melalui pintu keluar Kalimalang, dan arah Cikampek menuju Cawang dialihkan melalui Gerbang Tol Cikunir 2.

Kendaraan arah Jatibening menuju Cawang dialihkan melalui Kalimalang, arah Cikampek menuju Jakarta lewat Tol Layang MBZ dialihkan melalui Tol Jakarta-Cikampek eksis, serta sterilisasi dan penutupan area rehat KM 6B Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta.

Pengguna jalan arah Interchange Cawang Ruas Tol Dalam Kota menuju Cikampek dialihkan ke Tol Jagorawi melalui JORR E arah Cikampek sedangkan kendaraan dari arah Tanjung Priok menuju Cikampek diluruskan ke Tol Jagorawi melalui JORR E arah Cikampek. Kemudian kendaraan arah arteri Cawang UKI menuju Cikampek dilakukan pengalihan arus di Cawang melalui Kalimalang arah Cikampek dan kendaraan dari arah Jatiwaringin menuju Cikampek dialihkan melalui Kalimalang arah Cikampek.

Pihaknya bersama PT Kereta Cepat Indonesia China selaku kontraktor pekerjaan ini juga menyiapkan rambu-rambu pengamanan pekerjaan sesuai standar, menyiagakan petugas pengaturan lalu lintas, serta memastikan petugas tetap menjaga protokol kesehatan di lokasi pekerjaan.

Pihaknya juga telah melakukan sosialisasi rencana pekerjaan dengan memasang media luar ruang berupa spanduk imbauan pekerjaan serta Variable Message Sign di kedua arah Jalan Tol Jakarta-Cikampek agar informasi ini diterima dengan baik oleh pengguna jalan.

Jasa Marga memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat adanya pekerjaan dimaksud sekaligus mengimbau pengguna jalan mengantisipasi perjalanan dengan memastikan kendaraan dalam keadaan prima, saldo uang elektronik cukup, serta mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan.

"Selalu patuhi protokol kesehatan dan persyaratan perjalanan sesuai aturan Pemerintah serta berhati-hati dan menaati rambu-rambu terutama di sekitar lokasi pekerjaan," kata Nouval.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement