Monday, 30 Safar 1444 / 26 September 2022

Covid-19 DKI Kembali Naik, Pemprov Imbau Warga Shalat Id di JIS Taat Prokes

Kamis 07 Jul 2022 11:12 WIB

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Nur Aini

Foto udara umat Islam melaksanakan Shalat Idul Fitri 1443 H di kawasan Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta, Senin (2/5/2022).

Foto udara umat Islam melaksanakan Shalat Idul Fitri 1443 H di kawasan Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta, Senin (2/5/2022).

Foto: ANTARA/Aprillio Akbar
Jakarta memiliki kasus harian Covid-19 terbanyak berjumlah 1.516 kasus.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Plh. Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko, mengatakan, Pemprov DKI Jakarta akan kembali menggelar shalat Id pada Idul Adha bersama warga di Jakarta International Stadium (JIS), Ahad (10/7/2022). Namun demikian, pihaknya meminta para warga untuk mengenakan protokol kesehatan dan melengkapi vaksinasi booster, mengingat kasus yang kembali meninggi.

“Pelaksanaan salat Id ini telah melakukan koordinasi dengan MUI DKI Jakarta dan DMI DKI Jakarta, serta Lembaga-lembaga Islam lainnya, yang pada prinsipnya menyatakan, pelaksanaan salat Idul Adha di JIS ini telah sesuai dengan kaifiat shalat Idul Adha,” kata Sigit dalam keterangannya, Kamis (7/7/2022).

Baca Juga

Dia mengimbau, untuk menjamin kesucian tempat shalat, Pemprov akan melakukan pembersihan lokasi dengan melibatkan berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah DKI Jakarta. Karena itu, dia juga meminta warga agar tetap disiplin dan tertib.

"Silahkan membawa peralatan ibadah pribadi, mengikuti shalat dan khutbah Idul Adha secara khusyuk, serta tidak berkerumun selepas kegiatan,” tuturnya.

Menurut dia, Pemprov DKI telah menyediakan berbagai keperluan infrastruktur untuk mendukung salat Idulfitri di JIS, mulai dari tempat wudhu, tempat parkir, dan toilet. Meski telah disediakan tempat wudhu, lanjut dia, disarankan untuk wudhu dari rumah demi mengurangi antrian dan pelaksanaan salat dapat dimulai tepat waktu.

“Segala sesuatu keperluan saat salat Ied sudah disiapkan. Semua OPD juga sudah dibagi tugas untuk memastikan agar pelaksanaan salat Ied berjamaah dapat berjalan sukses. Oleh karena itu, mari tetap menggunakan masker selama kegiatan berlangsung, dan lengkapi vaksinasi boosternya," kata Sigit. 

Pelaksanaan salat Idul Adha 1443 H berlokasi di Ramp Barat, Ramp Timur, concourse Utara dan Selatan Jakarta International Stadium, Jakarta Utara. Namun, Pemprov DKI juga telah menyiapkan alternatif tempat salat Iduladha di salah satu lokasi yang ada di JIS jika terjadi hujan. Selain itu, direncanakan yang menjadi Khatib adalah Prof. K. H. Syukron Mam'un, serta Imam shalat Id adalah K.H.Muhammad Ali.

“Kenyamanan dan keamanan jamaah adalah hal yang utama bagi kami agar pelaksanaan Hari Raya Kurban di Jakarta ini dapat membuat Kurban semakin istimewa,” ucap Sigit.

Dalam beberapa hari terakhir, Covid-19 di DKI kembali melonjak. Dari data nasional, total kasus Covid-19 harian pada Rabu (6/7/2022) kemarin berjumlah 2.743. Dari jumlah itu, Jakarta memiliki kasus harian terbanyak berjumlah 1.516 kasus. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA