Rabu 06 Jul 2022 21:28 WIB

Tersangka Penembakan Massal Chicago Dikenai Tujuh Dakwaan

Jika terbukti, pelaku terancam hukuman penjara seumur hidup, tanpa ada pembebasan.

Penembakan di Chicago, AS
Foto: VOA
Penembakan di Chicago, AS

REPUBLIKA.CO.ID,  ILLINOIS -- Pria yang dituduh melancarkan tembakan dari atap gedung ke arah kerumunan orang saat parade 4 Juli dekat Chicago, Amerika Serikat, pada Selasa (5/7) dikenai tujuh dakwaan pembunuhan tingkat pertama. Jika terbukti bersalah, Robert E. Crimo III --tersangka penembak berusia 21 tahun-- bisa dijatuhi hukuman penjara seumur hidup tanpa kemungkinan mendapat pembebasan bersyarat.

Dakwaan itu diumumkan oleh jaksa negara bagian Illinois, Eric Reinhart, saat konferensi pers.Reinhart mengatakan dakwaan pembunuhan tingkat pertama tersebut akan diikuti dengan puluhan dakwaan tambahan sebelum penyelidikan selesai.

Baca Juga

Ia juga mengatakan akan memintakan Crimo tetap ditahan --tanpa pembebasan dengan jaminan-- saat persidangan pertama atas tersangka dilangsungkan pada Rabu.

Pihak berwenang mengatakan Crimo telah merencanakan serangan itu selama berminggu-minggu."Pria tersebut juga sebelumnya menjadi perhatian otoritas, setidaknya dua kali, menyangkut laporan bahwa dia mengancam bunuh diri atau melukai orang lain," kata beberapa pejabat, Selasa.

Pihak berwenang mengatakan Crimo melancarkan tembakan lebih dari 70 kali dari atap sebuah gedung ke arah orang-orang yang sedang menonton parade di Highland Park, Illinois, Senin (4/7).Pria itu kemudian kabur sambil menyamar untuk berbaur dengan kerumunan orang yang panik, kata otoritas, Selasa.

 

sumber : Reuters/antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement