Rabu 06 Jul 2022 20:06 WIB

Pertama Kali dalam Sejarah, Timnas Basket Putri Kalahkan Korea di FIBA 3x3 Asia Cup 2022

Tinta emas itu tercipta Rabu (6/7/2022), di FIBA 3x3 Asia Cup 2022 Singapura.

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Jalannya laga timmas putri Indonesia Vs timnas putri korea.
Foto: Dok. Yoga Perbasi
Jalannya laga timmas putri Indonesia Vs timnas putri korea.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas basket 3x3 putri Indonesia berhasil menorehkan catatan sejarah. Mereka baru saja mengakhiri dominasi Korea Selatan. Tinta emas itu tercipta Rabu (6/7/2022), di FIBA 3x3 Asia Cup 2022 Singapura. Bertanding di Central Singapore, Kimberley Pierre Louis dkk unggul 15-11.

"Di event apapun, kita tidak pernah menang atas Korea Selatan. Kali ini kita bisa mengalahkan mereka. Kemenangan ini bersejarah," ungkap penanggung jawab Timnas Bolabasket 3x3 Putri Christopher Tanuwidjaja.

Baca Juga

Diakui Christopher, kemenangan ini tidak diraih dengan mudah. Timnas sempat kesulitan kembangkan permainan. Bahkan sampai tertinggal lima angka. Bagusnya, semua sudah bisa diatasi dengan baik dengan komunikasi.

"Sempat ada internal conflict. Kimberley merasa pemain lainnya yang belum lama main di 3x3 kurang memahami satu sama lainnya. Beruntung setelah ada komunikasi saat time out, semua masalah itu selesai sehingga permainan bisa keluar lagi," jelas Christopher dalam keterangan tertulis Perbasi.

Usai tundukkan Korea Selatan, Timnas seharusnya berhadapan dengan Iran. Namun Iran batal ikut sehingga Kimberley Pierre Louis dkk langsung  melaju ke babak berikutnya. Di fase ini, Timnas Bolabasket 3x3 Putri akan berhadapan dengan Jepang dan Singapura di Pool B.

Timnas akan melawan Singapura dulu pada 12.50 WIB. Kemudian ketemu Jepang pada 04.30 WIB.

"Jepang tim yang kuat. Mereka di papan atas dunia. Bahkan mereka juga mendominasi di Olimpiade. Kemenangan atas Korea Selatan ini memberikan semangat tersendiri bagi kita. Kita berharap melawan Jepang nanti bisa seperti saat melawan Korea," kata Christopher.

Christopher ingin Kimberley Pierre Louis dkk tidak terbebani dengan peringkat dunia Jepang. Sebaliknya mereka diminta untuk menikmati pertandingan.

"Kita sudah tahu level mereka di mana. Anak-anak harus enjoy saja karena sangat langka bisa mencoba kekuatan mereka. Kami berharap anak-anak bisa menikmati pertandingan melawan Jepang dan bisa ambil saat melawan Singapura," ujar dia.

Sekjen Pengurus Pusat Persatuan Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) Nirmala Dewi salut dengan perjuangan Timnas Bolabasket 3x3 Putri. Dengan kerja keras dan kerja sama, mereka mampu meruntuhkan dominasi Korea Selatan.

"Tentu kemenangan ini membanggakan karena bersejarah bagi bolabasket Indonesia. Tapi perjuangan belum usai. Masih ada pertandingan yang tidak kalah serunya menanti. Jepang menunggu di fase berikutnya. Tetap semangat dan percaya diri siapapun lawan yang dihadapi," kata Nirmala.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement