Tuesday, 11 Muharram 1444 / 09 August 2022

Tingkat Adab Digital Masyarakat Indonesia pada 2021 Terburuk di Asia Tenggara

Selasa 05 Jul 2022 17:09 WIB

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Agung Sasongko

Media Sosial

Media Sosial

Foto: Youtube
Tingkat keadaban digital masyarakat Indonesia dinilai terburuk di Asia Tenggara.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Tingkat keadaban digital masyarakat Indonesia dinilai terburuk di Asia Tenggara. Hal tersebut adalah hasil survei yang dilakukan Microsoft bertajuk Digital Civility Index (DCI) pada tahun 2021.

Deputi Bidang Revolusi Mental, Pemajuan Budaya, dan Prestasi Olahraga Kementerian Koordinator Bidang PMK Didik Suhardi dalam rapat penguatan diseminasi media Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) mengatakan 47 persen media digital digunakan untuk hoaks dan penipuan, 27 persen untuk ujaran kebencian, dan 13 persen untuk diskriminasi.

Baca Juga

"Sangat memprihatinkan. Data menyebut 47 persen media digital digunakan untuk hoax dan penipuan, 27 persen untuk ujaran kebencian, dan 13 persen digunakan untuk diskriminasi," kata Didik dikutip dari keterangan resmi, Selasa (5/7/2022).

Karena itu, Kemenko PMK mendorong penguatan nilai-nilai revolusi mental melalui media sosial (medsos). Dalam rapat penguatan diseminasi media bersama inisiator aplikasi media sosial Symbolic.id Sabrang Mowo Damar Panuluh penting untuk memperbaiki adab masyarakat digital.

"Untuk itu, hari ini kita akan berbincang dengan Mas Sabrang untuk mencari peluang memanfaatkan sebuah platform sebagai cara untuk meningkatkan nilai keberadaban media kita," kata Didik.

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA