Tuesday, 11 Muharram 1444 / 09 August 2022

Ini Trik Memanggang Ayam Agar Lebih Juicy

Selasa 05 Jul 2022 16:22 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Nora Azizah

Jenis dan teknik memanggang ayam harus tepat untuk berikan efek 'juicy'.

Jenis dan teknik memanggang ayam harus tepat untuk berikan efek 'juicy'.

Foto: www.freepik.com.
Jenis dan teknik memanggang ayam harus tepat untuk berikan efek 'juicy'.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ayam bakar sepertinya bukan makanan yang tidak sulit dibuat. Taruh saja sepotong ayam di atas panggangan, pastikan tidak gosong, lalu siram dengan saus barbekyu untuk rasa yang pas.

Tetapi ketika harus meletakkan ayam di atas panggangan, ada beberapa hal yang perlu diketahui. Misalnya, haruskah memasak dada ayam lebih lama dari paha ayam? Seberapa sering harus menambahkan saus, atau haruskah menunggu sampai ayam keluar dari panggangan agar saus tidak gosong?

Baca Juga

Dilansir dari laman Mashed, Selasa (5/7/2022), Food Network menyarankan untuk menggunakan ayam tanpa kulit karena jauh lebih beraroma dan berair. Chef Works menyarankan untuk mengasinkan ayam Anda untuk membantu memastikan kelembapan tidak hilang, mencegah Anda memakan ayam kering dan berserabut. 

Meskipun ini semua adalah nasihat yang bagus, bagaimana tepatnya Anda bisa mendapatkan ayam panggang yang paling beraroma dan sempurna dengan cara yang benar? 

Menurut Chris Moyer, koki eksekutif untuk Perdue Farms, trik untuk mendapatkan rasa ayam panggang terbaik adalah memastikan ayam dibumbui dan diasinkan dengan benar. Moyer menjelaskan sebelum ayam dipanggang, yang terbaik adalah membumbuinya sebebas mungkin. 

Beberapa bumbu akan hangus saat dipanggang, jadi sebaiknya ayam dibumbui sebanyak yang Anda suka jika Anda ingin mendapatkan rasa sebanyak mungkin. Jika Anda kebetulan memiliki potongan daging yang lebih ramping, Moyer menyarankan brining (memberi garam) untuk membantu membuat hasil akhirnya lebih segar.

Moyer memperingatkan harus sedikit lebih berhati-hati saat mengasinkan. Pengasinan yang berlebihan, dapat menyebabkan serat daging di dalam ayam larut. Ini bisa menyebabkan ayam "lembek" yang ditakuti karena begitu banyak cairan yang diserap.

Sementara Moyer tidak pernah memberikan kerangka waktu yang tepat tentang berapa lama Anda harus mengasinkan ayam. BBC Good Food menyarankan lima sampai enam jam dengan maksimal 24 jam. Jika memanggang daging untuk waktu yang lama, Moyer menyarankan untuk menyemprotnya sesering mungkin dengan cairan seperti jus apel untuk mencegahnya mengering.

Meskipun semua saran Moyer tidak diragukan lagi berguna untuk barbekyu Anda berikutnya, masih ada kesalahan lain yang mungkin Anda lakukan saat memanggang ayam.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA