Selasa 05 Jul 2022 15:39 WIB

Perayaan Fourth of July Berubah Jadi Kekacauan Berdarah di Chicago

Pada awalnya, orang-orang mengira seseorang tengah menembakkan kembang api.

Polisi dari beberapa kotamadya setempat termasuk Polisi Negara Bagian Illinois menggeledah pusat kota Highland Park setelah penembakan massal pada parade Empat Juli Senin, 4 Juli 2022 di Chicago.
Foto: Tyler Pasciak LaRiviere/Chicago Sun-Times via
Polisi dari beberapa kotamadya setempat termasuk Polisi Negara Bagian Illinois menggeledah pusat kota Highland Park setelah penembakan massal pada parade Empat Juli Senin, 4 Juli 2022 di Chicago.

REPUBLIKA.CO.ID, CHICAGO -- Perayaan untuk memperingati Hari Kemerdekaan Amerika Serikat atau Fourth of July berubah menjadi kekacauan berdarah ketika seorang pria bersenjata melepaskan tembakan ke arah parade yang diikuti keluarga-keluarga di Highland Park, Chicago, pada Senin (4/7/2022). Tembakan yang dilepaskan dari atap bangunan itu menewaskan enam orang dan melukai lebih dari 36 orang.

Setelah penembakan massal di Highland Park, banyak lokasi di pinggiran kota Chicago membatalkan perayaan mereka, yang biasanya diwarnai dengan musik dan kembang api. Sara Hainsfurther, seorang penduduk asli Highland Park berusia 36 tahun yang menghadiri pawai bersama keluarganya, mengatakan bahwa dia telah menghadiri pawai tersebut hampir setiap tahun sejak dia masih kecil.

Baca Juga

"Bahkan tidak sampai lima menit setelah itu, tak lama kemudian, polisi dan truk pemadam kebakaran bagian dari parade lewat, saya mendengar 'pop, pop, pop, pop, pop'," kata Hainsfurther.

photo
Petugas polisi berjalan di Central Ave di Highland Park, Illinois, pada hari Senin, 4 Juli 2022, setelah seorang penembak menembak di pinggiran utara parade Fourth of July. - (Brian Cassella/Chicago Tribune via AP)

"Ibu saya berkata 'wow, itu sangat keras,' dan saya melihat apakah itu senapan, karena Anda tahu kadang-kadang mereka akan menggunakan senjata tua itu di parade Fourth of July. Suara itu tidak berhenti berhenti, lagi-lagi berbunyi 'pop, pop, pop, pop, pop' dan saya berbalik dan saya berkata 'itu adalah tembakan senjata, lari'," katanya. 

Seorang pria lain di parade mengatakan tembakan awalnya terdengar seperti kembang api tetapi segera menjadi kekacauan. "Kedengarannya seperti kembang api yang meledak," kata Richard Kaufman yang berdiri di seberang jalan dari tempat pria bersenjata itu melepaskan tembakan.

Kaufman, seorang pensiunan dokter, mengatakan dia mendengar sekitar 200 tembakan. "Itu adalah hiruk-pikuk. Sebuah penyerbuan. Bayi-bayi menangis. Orang-orang menunduk untuk berlindung," kata dia sambil melihat polisi bekerja di tempat kejadian.

"Orang-orang berlumuran darah tersandung satu sama lain," tambahnya.

Jalan utama di Highland Park menjadi tempat kejadian perkara yang membentang dari blok-blok, berserakan kursi dan bendera yang ditinggalkan. Saksi kembali berharap untuk mengambil kereta bayi dan barang-barang lainnya yang tertinggal, tetapi diberi tahu bahwa mereka tidak bisa melewati garis polisi.

Saat tembakan terdengar, beberapa orang mengambil waktu untuk mencoba mengamati apa yang terjadi sebelum panik melarikan diri. Alberto Martinez (33) yang bekerja di rumah sakit terdekat, ikut dalam acara tersebut bersama keluarganya.

"Saya diam sejenak. Itu menakutkan. Itu adalah saat yang menakutkan," kata dia.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement