Thursday, 10 Rabiul Awwal 1444 / 06 October 2022

Pesan UAS untuk Ribuan Umat Islam di Islamic Center Padang Panjang

Senin 04 Jul 2022 22:30 WIB

Rep: Febrian Fachri / Red: Nashih Nashrullah

Ustadz Abdul Somad, mengajak umat Islam untuk memaksimalkan ibadah Dzulhijjah

Ustadz Abdul Somad, mengajak umat Islam untuk memaksimalkan ibadah Dzulhijjah

Foto: Republika/Putra M. Akbar
UAS mengajak umat Islam untuk memaksimalkan ibadah Dzulhijjah

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG PANJANG—Ribuan jamaah dari berbagai daerah di Sumatra Barat ikut mendengarkan ceramah ulama kondang Ustaz Abdul Somad di Masjid Islamic Center Kota Padang Panjang, Senin (4/7/2022). 

UAS diundang menyampaikan tausiyah di Padang Panjang dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1443 H. "Kami bersyukur UAS datang ke Padang Panjang menyampaikan pesan-pesan penuh makna bagi umat," kata Wali Kota Padang Panjang, Fadly Amran. 

Baca Juga

Salah satu pesan UAS saat berceramah di Islamic Center Padang Panjang adalah supaya umat Islam menyekolahkan anaknya di pondok pesantren berbasis Islam.

Dan di Padang Panjang ada banyak pondok pesantren yang dapat menjadi opsi bagi umat untuk menyekolahkan anak-anaknya. 

"Kota Padang Panjang merupakan kota santri. Pemko menaruh perhatian besar terhadap pendidikan agama.  Saat ini Madrasah Aliyah Program Khusus (MAPK) telah berdiri di dekat Masjid Islamic Center. Sekitar 20-30 lulusannya setiap tahunnya, menempuh pendidikan di Universitas Al Azhar, Kairo," ujar Fadly. 

Selain menyerukan agar umat menyekolahkan anaknya di pesantren, UAS juga menyinggung mengenai amalan-amalan yang dapat dilakukan pada momen Idul Adha ini. 

Salah satunya, UAS mengajak memperbanyak ibadah sunnah pada 1-8 Dzulhijjah dengan melakukan puasa, shalat sunat, membaca Alquran, dan shalawat. Pada 8 Dzulhijjah, melakukan Puasa Arafah 9 Dzulhijjah sebelum menyembelih hewan qurban.

Puasa 9 Dzulhijah menurut UAS mengampunkan dosa yang lalu dan yang akan datang. "Pada 10 Dzulhijah hendaknya tidak makan sesudah Subuh, sampai menyembelih qurban," ujar UAS. 

Ermawati, salah satu jamaah yang ikut mendengarkan ceramah UAS di Islamic Center Padang Panjang tadi, mengaku bersyukur dapat kembali mendengarkan banyak nasehat dari ulama asal Riau tersebut. 

"Alhamdulillah Ustadz kembali lagi ceramah di Padang Panjang. Ibu merasa senang dan bahagia. Karena UAS ceramahnya tidak membosankan. Beliau lucu, isi ceramahnya mendidik dan bermanfaat bagi kehidupan,” kata Ermawati.

Ermawati merupakan warga Pandai Sikek, Kabupaten Tanah Datar. Dia rela datang jauh-jauh ke Padang Panjang untuk melepaskan rindu untuk mendengarkan ceramah UAS secara langsung.    

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA