Senin 04 Jul 2022 17:53 WIB

Begini Cara Mengendalikan Algoritme yang Ingin Kita Lihat di Internet

Feed Reboot merupakan cara untuk mengubah apa yang Anda lihat secara online.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Layanan internet (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Layanan internet (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Salah satu rutinitas yang dilakukan bagi pengguna internet adalah melakukan Feed Reboot yang tidak sama dengan audit privasi. Feed Reboot merupakan cara untuk mengubah apa yang Anda lihat secara online.

Sebagian unggahan yang dilihat di umpan adalah hasil dari sesuatu yang Anda komentari, sukai, atau baru saja terjadi. Feed Reboot memberi Anda kesempatan untuk memulai itu dari awal dan mengambil kendali lebih besar atas algoritme. Anda cukup melakukan tiga langkah, yaitu Following Audit, Mass Archive, dan langkah yang lebih rumit dikenal sebagai Feeds Reboot Pro Max.

Baca Juga

Following Audit merupakan langkah yang sederhana. Anda cukup menilai semua yang Anda ikuti di media sosial yang Anda punya. Anda bisa menghapus semua yang tidak Anda inginkan dan pastikan Anda hanya mengikuti akun yang Anda pedulikan.

Langkah selanjutnya adalah Mass Archive. Anda perlu memeriksa apakah Anda memiliki ratusan email di kotak masuk? Atau Berapa banyak Snaps yang Anda miliki? Anda bisa menyingkirkan semua yang tidak lagi dibutuhkan.

Jika Anda hanya melakukan dua hal itu, Anda akan segera menyadari kehidupan online Anda terasa lebih relevan dan tidak terlalu membebani. Langkah terakhir adalah Feeds Reboot Pro Max dalam mengendalikan algoritme Anda. Ini melibatkan bagaimana berbagai algoritma sosial sudah memahami apa yang Anda sukai dan pedulikan.

Tidak semua aplikasi memungkinkan Anda melakukan ini. Misal, TikTok tidak akan memberi Anda kendali sama sekali atas apa yang Anda lihat. Namun, beberapa aplikasi memang menawarkan kontrol atas algoritme. Berikut daftar aplikasinya, seperti dikutip The Verge, Senin (4/7/2022):

1.YouTube

-Buka tab “Library” lalu pilih “View All” di atas riwayat tontonan Anda. Gulir kembali semua yang telah Anda tonton, tekan tombol tiga titik di sisi kanan dan pilih “Remove from watch history” untuk mengeluarkannya dari kumpulan rekomendasi Anda.

-Anda juga dapat mengeklik “Manage all activity” dan beri tahu YouTube (dan layanan Google lainnya) untuk menghapus semua aktivitas Anda setelah jangka waktu tertentu.

2.Instagram

-Buka “Settings” lalu “Ads” dan “Ad Topics” untuk melihat daftar semua kategori yang dapat digunakan pengiklan untuk menjangkau Anda. Jika Anda melihat yang tidak Anda inginkan, ketuk “See Less.”

-Buka profil Anda, ketuk “Following” di kanan atas dan ketuk kategori “Least Interacted With.” Berhenti mengikuti semua yang ada di sana yang tidak Anda inginkan lagi.

3.Facebook

-Buka “Settings & privacy” > “Settings” dan pilih “Your Time on Facebook.” Tekan “See Settings” di bawah “Get More From Your Time” lalu ketuk “News Feed Preferences” dan tambahkan atau hapus orang dari daftar favorit dan berhenti ikuti untuk mengontrol seberapa sering mereka muncul di umpan Anda.

-Buka  “Settings & privacy” > “Settings”, cari “Permissions” dan pilih “Ad preferences.” Pilih “Ad Topics” di bagian atas halaman dan Anda dapat melihat dan mengedit semua topik yang diberitahukan Facebook kepada pengiklan yang Anda minati.

4.Twitter

Buka “Settings” > “Privacy and safety” lalu pilih “Content you see” dan tinjau “Topics and the Interests” yang dimiliki Twitter untuk Anda. Berhenti mengikuti yang tidak Anda inginkan lagi.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement