Jumat 09 Dec 2011 15:16 WIB

Aktivitas Sindoro Menurun

Rep: M As'adi/ Red: Siwi Tri Puji B

REPUBLIKA.CO.ID, TEMANGGUNG -- Aktivitas Gunung Sindoro  di perbatasan Temanggung-Wonosobo  yang dalam sepekan terakhir ini terus meningkat, pada Jum’at (9/12) cenderung menurun. Namun  statusnya tetap waspada.

Data sesmik per 8 Desember 2011 pukul 00.00-24.00  di Pos Pengamatan Gunung Sindoro-Sumbing di Desa Gentingsari, Kecamatan Bansari, menunjukkan masih ada aktivitas gempa tektonik jauh (TJ) sebanyak satu kali, gempa tektonik lokal (TL) satu kali, dan hembusan 11 kali.

Sehari sebelumnya, tercatat  terjadi gempa vulkanis dalam (Va) satu kali, vulkanis dangkal (Vb) dua kali, tektonik lokal satu kali, tektonik jauh dua kali, dan hembusan enam kali.  Sementara itu suhu di kawasan puncak masaih sama, yaitu  91,7 derajat celcius dan 23-28 derajat celcius di pos pengamatan.

"Meski aktivitas kegempaan cenderung menurun, namun kami belum mengubah statusnya," terang  Kasubid Pengamatan dan Penyelidikan Gunung Berapi Wilayah Barat, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Hendra Gunawan di Gentingsari. Status gunung yang tengah menggeliat itu masih waspada.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement