Rabu 23 Feb 2011 12:19 WIB

Hadapi UN, Sekolah di Dumai Intensifkan Bimbel

Siswa mengikuti ujian nasional
Siswa mengikuti ujian nasional

REPUBLIKA.CO.ID, DUMAI - Dinas Pendidikan Kota Dumai, Riau, mengimbau seluruh sekolah mulai dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas atau sederajat untuk mematangkan persiapan ujian nasional yang akan berlangsung pada April mendatang. "Kesiapan dalam menghadapi ujian nasional (UN) 2011 hendaknya lebih ditekankan kepada guru untuk memberikan bimbingan secara intensif terhadap siswa sehingga siap mengikuti UN," kata Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Dumai Afifuddin, di Dumai, Rabu (23/2).

Ia mengatakan, pelaksanaan UN pada April sudah diputuskan Menteri Pendidikan Nasional. Begitu juga untuk ujian susulan yang dijadwalkan pada 3-6 Mei 2011. "Para guru diharapkan lebih kosentrasi terhadap penyampaian materi yang akan diujikan saat UN kepada siswanya. Dengan demikian diharapkan seluruh pelajar di Kota Dumai berhasil lulus UN," katanya.

Ia mengatakan, penentuan kelulusan peserta UN 2011 ditetapkan oleh satuan pendidikan melalui rapat dewan guru berdasarkan kriteria kelulusan. Kriteria kelulusan dari satuan pendidikan itu antara lain setelah peserta didik menyelesaikan seluruh program pembelajaran dengan memiliki rapor semester satu sampai enam.

"Selain itu memperoleh nilai minimal pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran, yakni kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia, kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian, kelompok mata pelajaran estetika dan kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan," katanya.

Menurut Afifuddin, yang tidak kalah pentingnya dalam penentuan kriteria kelulusan siswa adalah lulus ujian sekolah untuk kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi. "Namun kriteria penentuan nilai untuk empat kelompok mata pelajaran tersebut ditetapkan oleh satuan pendidik masing-masing sekolah," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement