Kamis 10 Jun 2010 04:35 WIB

Sumsel Raih 10 Penghargaan Adipura 2010

Rep: maspril aries/ Red: Krisman Purwoko

REPUBLIKA.CO.ID,PALEMBANG--Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menjadi daerah terbanyak meraih penghargaan anugerah Adipura 2010 di pulau Sumatera. Ada 10 daerah kota dan kabupaten di daerah ini yang memperoleh penghargaan berupa piala dan piagam Adipura yang diserahkan dalam rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

 

“Provinsi Sumatera Selatan patut berbangga, dari 15 kabupaten yang ada, 10 kabupaten dan kota meraih penghargaan lingkungan hidup dan kebersihan. Dari 10 kota dan kabupaten itu, tujuh kabupaten dan kota meraih penghargaan piala Adipura dan tiga daerah lainnya mendapatkan piagam Adipura,” kata Achmad Nadjib Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sumsel, Rabu (9/6).

 

10 Kota dan kabupaten tersebut meraih penghargaan Adipura untuk kategori kota metropolitan, kota sedang dan kota kecil. Kota yang meriah piala Adipura adalah Kota Palembang untuk kategori kota metropolitan dan ibu kota Provinsi Sumsel ini meraih nilai tertinggi sebagai kota terbersih di Indonesia dibanding delapan kota metropolitan lainnya.

 

“Untuk piala Adipura kategori kota sedang diperoleh kota Lubuklinggau dan kota Lahat. Empat lainnya memperoleh piala Adipura untuk kategori kota kecil, yaitu Martapura, Kayu Agung, Sekayu dan Muara Enim. Penghargaan Piagam Adipura diraih kota Pangkalan Balai, Prabumulih dan Pagaralam,” ujarnya.

 

Kepala BLH Sumsel itu mengungkapkan, Sumsel merupakan provinsi terbanyak yang berhasil meraih penghargaan dalam pengelolaan lingkungan di Sumatera, dibandingkan Provinsi Sumatera Barat yang hanya meraih empat penghargaan Adipura dan Provinsi Sumatera Utara yang meraih enam penghargaan yang diserahkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara, 8 Juni 2010.

 

Menurut Achmad Nadjib prestasi yang diarih 10 kota dan kabupaten di Sumsel tersebut menjadi bukti komitmen Gubernur Alex Noerdin yang sangat memperhatikan aspek pembangunan lingkungan hidup dan prinsip pembangunan yang berkelanjutan.

 

Selain Anugerah Adipura, pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2010 ini, Sumsel juga meraih penghargaan plakat dari Kementrian Negara Lingkungan Hidup berupa piagam untuk taman kota yang diraih Taman Kota Kambang Iwak di Palembang dan piagam dan tropi Adiwiyata yang raih SMAN 2 Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba).

 

Diarak Keliling Kota

 Piala Adipura yang diserahkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kepada para bupati dan walikota tersebut, Rabu (9/6) sudah tiba di kota masing-masing dan hari ini diarak keliling kota. Arakan-arakan keliling kota diantaranya dilakukan di Palembang, Muara Enim, dan Sekayu.

Di Muara Enim penghargaan Adipura yang diraih tahun ini merupakan penghargaan yang kelima kalinya. Kedatangan piala Adipura tersebut disambut Wakil Bupati Wakil Bupati Muaraenim Nurul Aman dan Sekwilda Wahab Maharis. Kemudian diarak keliling kota dari kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim dan kembali ke kantor Pemkab.

 

Arak-arakan serupa juga dilakukan di kota Sekayu, Kabupaten Muba yang memperoleh penghargaan Adipura keenam kalinya. Enam piala Adipura diarak keliling kota bersama piala Adiwiyata yang raih SMAN 2 Sekayu, piala Menteri Negara Pemuda dan Olahraga yang berhasil diraih tim sepakbola Muba usia 15 tahun dan piala Runner up Liga Pelajar Indonesia (LPI) yang diraih tim SMPN 8 Sekayu.

 

Bupati Muba Pahri Azhari berkesempatan menyerahkan piala Adipura kepada pasukan kuning, tropi Adiwiyata kepada perwakilan siswa SMAN 2 Unggulu Sekayu, piala Menegpora kepada wakil siswa Sekayu Youth Soccer Academy (SYSA).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement