Sabtu 11 Feb 2012 04:45 WIB

Orang Minang itu Inspirator

Irwan Prayitno
Irwan Prayitno

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan, orang Minang bisa menjadi inspirator dalam pembangunan perekonomian Indonesia karena umumnya punya potensi dan bakat dagang yang kuat.

Gubernur Irwan Prayitno menyampaikan hal ini dalam Seminar "International Coference, Competitiveness of Economy in The Global Market" digelar atas kerja sama Universitas Bung Hatta (UBH) Padang dengan Universitas Kebangsaan Malaysia di Padang, Jumat (10/2).

Gubernur menyatakan siap menerima rekomendasi yang dihasilkan kegiatan UBH-UKM sebagai bahan masukan dan referensi dalam menentukan kebijakan meningkatkan ekonomi di Sumatera Barat.

Namun, menurut Irwan, usaha dan potensi orang Minang baru sebatas pengembangan ekonomi Usaha Kecil dan Menengah (UKM), hanya sedikit yang mampu menjadi pengusaha besar.

Justru itu, kata dia, perlu mencari upaya dan solusi bagaimana potensi dagang orang Minang menjadi lebih sukses, besar dan berpengaruh. Gubernur mengatakan, tujuan pemerintah daerah yang tertuang dalam RPJMD dan RPJP bermuara pada kehidupan masyarakat sejahtera yang berkesinambungan.

Karena itu, bantuan para pakar dari berbagai disiplin ilmu sangat diharapkan, terutama fokus dalam pengembangan sektor ekonomi masyarakat. Irwan menyampaikan, Sumbar pada 2010-2015 telah menetapkan pengembangan ekonomi di sektor industri rumah tangga yang ada di masyarakat nagari (desa) yang dilakukan secara bersinambungan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement