Ahad 05 Feb 2012 21:53 WIB

70 Korban Keracunan Karawang Kritis

Korban keracunan (ilustrasi)
Foto: Antara/Nyoman Budhiana
Korban keracunan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG - Puluhan warga Desa Tegalwaru dan Mekarmaya, Kecamatan Cilamaya Wetan, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, dibawa ke Unit Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Daerah Karawang, karena diduga mengalami keracunan zat nitrogen.

Sekitar 70 warga dari dua desa itu dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karawang dengan menggunakan 40 mobil ambulans Dinas Kesehatan setempat.

"Mereka sebelumnya sudah dirawat di Puskesmas Cilamaya selama tiga hari. Tetapi kondisinya semakin kritis. Jadi, harus dibawa ke RSUD Karawang untuk menjalani perawatan lebih lanjut," kata Kepala Dinas Kesehatan Karawang, Yuska Yasin di Karawang.

"Kami masih memantau korban keracunan, karena dikhawatirkan korban akan terus bertambah. Karena sesuai informasi, ada sekitar 140 bungkus makanan dongkal yang dikonsumsi warga dua desa itu. Makanan yang dimakan warga itu diduga mengandung zat nitrogen, sehingga mereka keracunan," tambah Yuska.

Makanan dongkal adalah sejenis makanan yang terbuat dari tepung beras di campur gula merah. Sejumlah warga diduga korban keracunan mengakui, makanan dongkal diperoleh warga dari seorang pedagang keliling yang biasa menjajakan barang dagangannya di dua desa itu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement