Advertisement
Selasa 20 Mar 2012 13:41 WIB

Warga Rawabambu Bentrok, 1 Tewas, Belasan Luka-luka

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI - Lebih dari 10 warga Kampung Rawabambu, Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi, Jawa Barat, mengalami luka-luka dan satu orang lainnya tewas dalam peristiwa bentrokan antarwarga, Selasa. "Warga kami bentrok dengan pemuda Ambon. Puncaknya terjadi pada hari ini di mana satu pemuda Ambon yang belum diketahui identitasnya tewas dikeroyok warga sekitar pukul 09.00 WIB," kata Ketua RW 07, Kampung Rawabambu, Mamat Fauzi, di lokasi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun ketegangan tersebut berlangsung sejak Ahad (18/3) antara warga RW07, 08, 09 dan 10 Perumahan Titian Indah, Kampung Rawabambu, dengan beberapa pemuda keturunan Ambon. "Kejadiannya saya tidak tahu persis. Yang jelas terjadi konflik antar pemuda di salah satu warung jamu RW08 yang berujung pada bentrokan fisik," kata Mamat.

Beberapa jam pascainsiden itu, sejumlah pemuda keturunan Ambon melakukan aksi `sweeping` ke beberapa tempat perkumpulan pemuda warga setempat. Aksi itu ternyata mengundang reaksi warga Titian Indah hingga situasi kawasan tersebut mencekam.

"Sekira pukul 23.00 WIB, kedua kubu yang telah mengumpulkan massa saling berhadapan tepat di gerbang masuk Perumahan Titian Indah. Dalam kejadian itu, dua kios nonpermanen habis dibakar sedangkan kedua kubu saring lempar batu," kata Mamat.

Salah satu warga RT1 RW7, Purnadi, mengalami luka bacokan di kepala dan punggung usai bemain futsal di sekitar lokasi kejadian. Hal serupa juga dialami Nuni, warga RT2 RW7. "Korban sedang dirawat di RSUD Kota Bekasi," katanya.

Ketegangan itu berlanjut hingga Senin pagi (19/3). Salah satu Satpam, Suharlan, mengalami luka tancapan anak panah di bagian pelipis oleh salah satu pelaku dari luar warga perumahan tepat di pintu gerbang masuk perumahan. Korban saat ini telah dilarikan ke RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta, untuk perawatan.

Kejadian itu membuat warga semakin geram dan kembali melakukan aksi `sweeping` terhadap warga keturunan Ambon di sekitar lokasi kejadian.

Pada Selasa (20/3), satu orang warga keturunan Ambon tewas dihakimi warga di Jalan Patriot, Kampung Rawabambu, Kelurahan Kali Baru Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi. Korban tewas di lokasi kejadian dengan luka di sekujur tubuh.

Salah satu saksi, Adit, mengatakan korban bersama dua orang rekannya yang juga asal Ambon tengah melintas di Jalan Patriot sekitar pukul 06.00 WIB. Warga yang sedang berjaga-jaga di lokasi, menghentikan kendaraan mereka.

Ketiga orang penumpang mobil diminta turun dan langsung dihakimi warga yang sudah disulut emosi. Korban sempat mencoba melarikan diri dengan menceburkan diri ke dalam selokan, namun warga tetap mengejar. Warga juga membakar mobil yang ditumpangi oleh korban.

Hingga kini, puluhan petugas berseragam lengkap polisi masih nampak mengamankan lokasi bentrokan warga guna menghindari peristiwa susulan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement