Wednesday, 13 Rajab 1440 / 20 March 2019

Wednesday, 13 Rajab 1440 / 20 March 2019

PMI Olah Air Bersih di Danau Sunter

Selasa 06 Sep 2011 20:07 WIB

Red: Djibril Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Palang Merah Indonesia (PMI) melakukan pengolahan air bersih di Danau Sunter Utara, Jakarta Utara, dan mendistribusikannya untuk masyarakat Jakarta yang mengalami kekurangan air bersih akibat jebolnya tanggul di Kalimalang, Jakarta Timur beberapa waktu lalu.

Ketua Bidang Kesehatan Unit Transfusi Darah Rumah Sakit PMI, Farid Husain, di Jakarta Selasa (6/9), mengatakan pengolahan air ini dilakukan di Danau Sunter Utara, Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara dengan menggunakan alat pengolahan air (WTP) yang dikerjakan oleh Tim Air dan Sanitasi PMI DKI Jakarta.

 

Menurut Farid, alat tersebut mampu memproduksi 4.000 liter air bersih per jam, dan siap didistribusikan ke beberapa wilayah yang mengalami kekurangan air. "Kami mengoperasikan 11 truk tangki dalam pendistribusian air untuk kebutuhan masyarakat di Jakarta yang kekurangan air bersih," kata Farid.

Dijelaskan Farid, proses pengolahan air diambil dari danau itu dan diproduksi melalui WTP atau pengolahan air, serta alasan danau itu dipilih karena bersih dari limbah industri. "Namun, sebelum didistribusikan air akan di tes dahulu kadar kloridanya, jika aman air tersebut akan kita kirim ke masyarakat," ujar dia.

Farid menambahkan, pada pengolahan dan pendistribusian air, pihaknya menyiapkan tiga penampungan yang di datangkan dari Bandung dan Yogyakarta, dan di setiap masing-masing penampungan bisa menampung 15 ribu liter air. Dijelaskannya, proses penyaringan itu dilakukan dengan mengalirkan air dari danau ke penampungan air yang berkapasitas 15 ribu liter.

Selanjutnya, melalui proses mixer dialirkan ke penyaringan, dan kemudian dialirkan ke tangki yang siap didistribusikan. Sementara itu Sekretaris Pengurus Provinsi PMI DKI Jakarta, Irwan Hidayat, menambahkan PMI DKI Jakarta melibatkan 60 relawan untuk mendistribusikan air bersih ke beberapa wilayah DKI Jakarta.

"Selain membantu mengatasi masalah akibat jebolnya tanggul di Kalimalang tersebut, kami berharap mobil tangki air tersebut juga membantu mengantisipasi kekeringan akibat musim kemarau yang terjadi saat ini, dan juga untuk membantu korban bencana kebakaran di Kelurahan Tambora, Jakarta Barat dan Penjaringan, Jakarta Utara," kata Irwan

Kegiatan ini, lanjutnya dilakukan atas kerjasama PMI Pusat dengan PMI DKI Jakarta untuk melakukan pengolahan dan mendistribusikan air bersih bagi masyarakat yang membutuhkan.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA