Tuesday, 11 Muharram 1444 / 09 August 2022

Kapal Perang Dunia II Muncul Kembali Akibat Danau Surut di AS

Ahad 03 Jul 2022 12:31 WIB

Rep: Dwina Agustin/ap/ Red: Muhammad Fakhruddin

Kapal Perang Dunia II Muncul Kembali Akibat Danau Surut di AS (ilustrasi).

Kapal Perang Dunia II Muncul Kembali Akibat Danau Surut di AS (ilustrasi).

Foto: Caladan oceanik
Perubahan iklim dan kekeringan menyebabkan air danau menyusut ke level terendah.

REPUBLIKA.CO.ID,LAS VEGAS -- Sebuah kapal  yang berasal dari Perang Dunia II muncul dari waduk yang berada di wilayah Nevada dan Arizona. Waduh ini surut dan membuat segala yang ada di dasarnya terlihat jelas.

Kapal pendarat Higgins yang telah lama berada di kedalaman 56 meter di bawah permukaan sekarang hampir setengah jalan keluar dari air di Lake Mead. Perahu terletak kurang dari 1,6 km dari Lake Mead Marina dan Pelabuhan Hemingway.

Baca Juga

Armada ini digunakan untuk mensurvei Sungai Colorado beberapa dekade yang lalu. Menurut perusahaan wisata selam Las Vegas Scuba, kapal ini dijual ke marina dan kemudian ditenggelamkan.

Las Vegas Review-Journal melaporkan, Higgins Industries di New Orleans membangun beberapa ribu kapal pendarat antara 1942 hingga 1945. Sekitar 1.500 perahu Higgins dikerahkan di Normandia pada 6 Juni 1944, yang dikenal sebagai D-Day.

Perahu itu hanyalah yang terbaru dari serangkaian objek yang digali oleh penurunan permukaan air di Lake Mead, waduk buatan manusia terbesar di Amerika Serikat. Pada Mei, dua sisa tubuh manusia ditemukan dalam rentang waktu seminggu.

Para ahli mengatakan perubahan iklim dan kekeringan telah menyebabkan air danau itu menyusut ke level terendah sejak penuh sekitar 20 tahun lalu. Ketika permukaan air turun di Lake Mead dan Lake Powell di hulu di garis Arizona-Utah, negara bagian di AS Barat semakin menghadapi pemotongan yang lebih dalam untuk pasokan dari Sungai Colorado.

Tingkat yang lebih rendah juga berdampak pada pembangkit listrik tenaga air yang dihasilkan di Bendungan Hoover dan Bendungan Glen Canyon, yang menahan Lake Powell. Komisioner Biro Reklamasi AS Camille Touton mengatakan bulan lalu, bahwa badan tersebut akan mengambil tindakan untuk melindungi sistem jika tujuh negara bagian di lembah Sungai Colorado tidak segera menemukan cara untuk memotong penggunaan hingga 4 juta acre-feet atau lebih dari gabungan dari Arizona dan Nevada.

Satu acre-feet adalah sekitar 325.850 galon atau sekitar 1,23 juta liter. Rata-rata rumah tangga menggunakan setengah sampai satu acre-feet air per tahun.

Kedua negara bagian, Kalifornia dan Meksiko, telah memberlakukan pemotongan sukarela dan wajib. Air dari beberapa waduk di cekungan atas yang terdiri dari Wyoming, New Mexico, Colorado, dan Utah telah dilepaskan untuk menopang Powell Lake. 

 

Sumber: https://apnews.com/article/las-vegas-lakes-colorado-river-nevada-c4862974a278838bb2f48c5a0ca40d51

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA