Saturday, 15 Muharram 1444 / 13 August 2022

Arema FC ke Semifinal Piala Presiden Lewat Kemenangan Adu Penalti

Sabtu 02 Jul 2022 20:16 WIB

Red: Israr Itah

Pesepak bola Arema FC Adam Alis (kiri) berusaha mempertahankan bola dari hadangan pesepak bola Barito Putera Doni Harold Minim (kanan) dalam pertandingan babak delapan besar Piala Presiden di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Sabtu (2/7/2022). Arema menang adu penalti 5-4 usai laga imbang 0-0 dalam 90 menit.

Pesepak bola Arema FC Adam Alis (kiri) berusaha mempertahankan bola dari hadangan pesepak bola Barito Putera Doni Harold Minim (kanan) dalam pertandingan babak delapan besar Piala Presiden di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Sabtu (2/7/2022). Arema menang adu penalti 5-4 usai laga imbang 0-0 dalam 90 menit.

Foto: ANTARA/Ari Bowo Sucipto
Arema FC mengalahkan Barito Putera 5-4 lewat adu penalti.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Arema FC melaju ke babak semifinal turnamen pramusim Piala Presiden 2022 usai mengalahkan Barito Putera lewat adu penalti dengan skor 5-4, pada laga yang digelar di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (2/7/2022). Gol Arema FC masing-masing dicetak oleh M Rafli, Bagas Adi Nugroho, Adam Alis, Abel Camara dan Jayus Hariono. Namun, Evan Dimas gagal mengeksekusi secara sempurna bola dari titik putih tersebut.

Sementara gol dari titik putih Barito Putera dicetak oleh Rafael Silva, Rizky Pora, Luthfi Kamal dan Bayu Pradana. Renan Alves dan Dedi Hartono gagal menaklukkan penjaga gawang Arema FC Adilson Maringa. Dengan kemenangan tersebut, Arema FC melaju ke babak semifinal dan akan melawan pemenang dari pertandingan antara PSIS Semarang dan Bhayangkara FC.

Baca Juga

Pada pertandingan tersebut, Barito Putera langsung tampil menekan pertahanan Singo Edan pada menit-menit awal. Arema FC juga melakukan serangan balik yang merepotkan barisan pertahanan tim berjuluk Laskar Antasari itu. Singo Edan yang dimotori oleh Evan Dimas, berusaha mencuri gol pada menit-menit awal pertandingan. Namun, belum ada peluang emas yang tercipta. Hingga menit kelima, belum ada peluang yang mampu dikonversi menjadi gol oleh kedua tim.

Kedua tim sedikit menurunkan tempo permainan dan saling bertukar serangan. Hingga menit ke-15, kedua tim masih berusaha meramu skema permainan untuk membongkar pertahanan. Arema FC lebih menguasai jalannya pertandingan, sementara Barito Putera berusaha memanfaatkan peluang dari serangan balik.

Beberapa kali skema serangan yang dibangun Singo Edan mampu menekan pertahanan Laskar Antasari hingga ke dalam kotak penalti. Namun, tekanan tersebut masih belum bisa menciptakan peluang yang merepotkan penjaga gawang Joko Ribowo.Pada menit ke-22, Alfarizie memberikan umpan kepada M Rafli setelah berhasil mematikan langkah pemain bertahan Barito Putera. Namun, sontekan Rafli masih sedikit melebar dari gawang Barito Putera dan belum mengubah kedudukan.

Arema FC mendapatkan peluang melalui tendangan bebas dari sisi kanan pertahanan Barito Putera, tidak jauh dari kotak penalti pada menit ke-27. Peluang tersebut dieksekusi oleh M Rafli, namun masih tidak mengarah ke gawang Barito Putera.

Pemain Barito Putera Bagas Kaffa pada menit ke-29 melakukan tendangan keras memanfaatkan celah pada barisan pertahanan Arema FC. Namun, tendangan itu masih mampu ditepis oleh penjaga gawang Adilson Maringa.Pada saat water break menit ke-30, pemain dan ofisial Barito Putera melakukan protes kepada wasit yang memimpin pertandingan. Sempat terjadi adu mulut antara ofisial dan pemain Barito Putera terhadap wasit. Namun ketegangan itu tidak berlangsung lama dan kemudian pertandingan kembali dilanjutkan.

Arema FC pada menit ke-33 melakukan pergantian pemain, Rendika Rama ditarik keluar dan digantikan Achmad Figo. Tak lama berselang, Evan Dimas memotori sebuah serangan balik untuk menekan pertahanan Barito Putera.Evan Dimas membawa bola hingga di depan kotak penalti Barito Putera dan memberikan umpan kepada Irysad Maulana. Irsyad kemudian mengembalikan bola kepada Evan Dimas, namun sayang tendangan pemain bernomor punggung enam itu masih belum mampu menjadi gol.

Barito Putera memiliki peluang emas pada menit ke-39, yang bermula dari umpan Abrizal Umanailo. Namun, Rafael Silva belum mampu menjangkau umpan tersebut meski kondisi lini pertahanan Arema Fc sudah terbuka.Memasuki menit akhir pertandingan babak pertama, Adam Alis memiliki peluang cukup menjanjikan di depan gawang. Namun tendangan keras pemain itu masih mampu ditepis oleh penjaga gawang Joko Ribowo. Hingga babak pertama berakhir, kedudukan masih belum berubah 0-0.

Memasuki babak kedua, kedua tim masih berusaha mencari cara untuk mencetak gol. Namun, pada menit-menit awal masih belum ada peluang yang menjanjikan.

Arema FC melakukan pergantian pemain. Alfarizie ditarik keluar karena mengalami cedera dan digantikan oleh Jayus Hariono pada menit ke-50. Barito Putera juga melakukan pergantian pemain pada menit ke-63, Ferdiyansyah ditarik dan digantikan Buyung Ismu.Menit ke-66, Arema FC kembali melakukam pergantian pemain. Striker baru Arema FC Abel Camara dimainkan menggantikan Irsyad Maulana dan Dendi Santoso digantikan Hanis Saghara. Pergantian pemain itu untuk menambah daya gedor skuad Singo Edan.

Tidak lama berselang, pemain Barito Putera Rafael Silva mendapatkan kartu kuning karena melakukan pelanggaran terhadap Evan Dimas.Hanis Saghara mendapatkan peluang melalui sundulan yang diarahkan ke sisi kiri penjaga gawang Joko Ribowo pada menit ke-73. Namun, sundulan tersebut masih mampu ditahan oleh salah satu pemain belakang Laskar Antasari.

Memasuki lima menit akhir pertandingan babak kedua, Singo Edan terus menekan pertahanan Barito Putera. Namun peluang demi peluang yang terjadi masih belum mampu menaklukkan penjaga gawang Joko Ribowo. Sementara Barito Putera memanfaatkan skema seramgan balik yang cepat untuk menekan pertahanan Singo Edan. Namun hingga peluit panjang ditiup wasit asal Aceh, Muchlis tersebut, kedudukan tidak berubah.

Laga harus dilanjutkan dengan adu penalti untuk menentukan siapa yang melaju pada babak empat besar turnamen pramusim Piala Presiden 2022. Arema FC memenangkan adu penalti atas Barito Putera dengan skor 5-4 pada pertandingan tersebut.

Susunan pemain:

Arema FC: Adilson Maringa, Rendika Rama, Alfarizie, Sergio Silva, Adam Alis, Dendi Santoso, Evan Dimas, Renshi Yamaguchi, Irsyad Maulana dan M Rafli.

Pelatih Eduardo AlmeidaBarito Putera: Joko Ribowo, Donni Harold Monim, Renan Alves, Abrizal Umanailo, Bayu Pradana, Franc Sokoy, Luthfi Kamal, Rizky Pora, Bagas Kaffa, Ferdiyansah dan Rafael Silva.

Pelatih Dejan Antonic

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA