Friday, 14 Muharram 1444 / 12 August 2022

Alquran Terjemah Suku Afrika Siap Diluncurkan Dukung Dakwah Islam  

Kamis 30 Jun 2022 19:50 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah

Ilustrasi Alquran. Alquran berbahasa Igbo Afrika diluncurkan untuk memperluas sebaran dakwah

Ilustrasi Alquran. Alquran berbahasa Igbo Afrika diluncurkan untuk memperluas sebaran dakwah

Foto: Republika.co.id
Alquran berbahasa Igbo Afrika diluncurkan untuk memperluas sebaran dakwah

REPUBLIKA.CO.ID, ABUJA – Kelompok Muslim di tenggara Nigeria, Grup Dakwah Muslim Igbo, akan meluncurkan Alquran yang diterjemahkan ke dalam bahasa Igbo, pada Jumat (1/7/2022) besok waktu setempat.

Hal ini sebagai upaya dakwah ke sesama etnis Igbo yang tersebar di beberapa negara Afrika. 

Baca Juga

Pemimpin kelompok tersebut, Muhammad Muritala Chukwuemeka, sebagaimana dilansir Daily Nigerian, Kamis (30/6/2022), mengatakan dia dan timnya telah memutuskan untuk menyebarkan pesan Allah SWT kepada saudara-saudaranya di Igbo melalui Alquran terjemahan bahasa mereka. 

Chukwuemeka, yang merupakan penduduk asli Daerah Pemerintah Daerah Orlu di Negara Bagian Imo, menggambarkan Islam sebagai agama damai yang melarang pembunuhan sesama manusia.

Dia mengatakan penerjemahan Alquran ke dalam bahasa Igbo membutuhkan waktu lima tahun hingga membuahkan hasil seperti sekarang ini. 

Dia berharap warga Nigeria dapat menghadiri peluncuran Alquran terjemahan bahasa suku Igbo itu. Peluncuran Alquran ini akan berlangsung segera setelah sholat Jumaat di Masjid Ansar-ud-deen yang terletak di Maitama, Abuja. 

Chukwuemeka juga meminta warga Nigeria untuk mendukung produksi massal kitab suci Alquran. Hal ini sebagai langkah untuk menyebarkan pesan damai Allah SWT dan Rasul-Nya kepada Suku Igbos di Tenggara dan wilayah lain di Nigeria. 

Dia juga mengajak segenap warga Nigeria yang memiliki kekayaan untuk turut membantu memproduksi Alquran terjemahan bahasa Igbo. Dukungan produksi massal diperlukan agar penyebaran Alquran terjemahan ini bisa semakin luas. 

"Saya membutuhkan tidak kurang dari lima tahun sebelum menyelesaikan terjemahan. Kami menyerukan kepada warga Nigeria yang kaya untuk membantu produksi massal kitab suci Alquran. Saat ini kami telah mencetak 500 eksemplar dan 100 eksemplar sudah dikirim ke Tenggara," katanya.

 

Sumber: dailynigerian   

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA