Monday, 10 Muharram 1444 / 08 August 2022

Akun Twitter Roy Suryo Disita untuk Alat Bukti

Kamis 30 Jun 2022 18:24 WIB

Red: Teguh Firmansyah

Roy Suryo.

Roy Suryo.

Foto: DPR RI
Roy Suryo mengaku akan bersikap kooperatif.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Polda Metro Jaya menyita akun media sosial Twitter milik Roy Suryo terkait kasus meme stupa Candi Borobudur. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan mengatakan, penyitaan akun Twitter tersebut dilakukan sebagai alat bukti dalam dugaan kasus penistaan agama oleh Roy Suryo.

"Iya disita, yang dia gunakan untuk 'upload' (unggah)itu. Apa itu nama akunnya kemarin yang saya sebutkan @KRMTRoySuryo2," kata Endra Zulpan di Jakarta, Kamis (30/6/2022).

Baca Juga

Namun Zulpan belum dapat berkomentar lebih jauh terkait penyitaan akun Twitter Roy Suryo tersebut karena masih dalam penyidikan.

Sebelumnya, Roy Suryo berjanji bersikap kooperatif membantu Kepolisian dalam penyidikan kasus meme Candi Borobudur."Saya selaku warga negara yang baik dan mengerti hukum mengapresiasi upaya kepolisian untuk mengusut tuntas kasus tersebut," kata Roy Suryo.

Roy Suryo membenarkan status perkara yang menimpanya itu telah naik ke tahap penyidikan yang ditangani Polda Metro Jaya.

Kronologi versi Roy

Sebelumnya meme wajah stupa Borobudur mirip Jokowi ramai di-Twitter. Meme ini memicu polemik setelah dikicaukan ulang mantan Menpora Roy Suryo di akun Twitter-nya KRMTRoySuryo2.

 
 

 
Roy Suryo dalam penjelasannya mengklarifikasi terkait kicuan tersebut. Menurutnya, kicauan itu sudah ada yang terlebih dahulu membuat.

"Biar semakin jelas (& tidak ada lagi BuzzerRp yg memprovokasi murahan), ini Kronologi Meme2 tsb," tulis Roy Suryo

1. Meme pertama diuggah @IrutPagut

 07/06/22 09.36

Di meme ini tertulis, 'Baru tau kalau di Puncak Candi Borobudur ada Patung Dewa Cebong. Dulu2 gak ada Berhala itu. Pantas aa harga Tiket naik jadi meroket."

2. Diunggah kembali @NewOpang

 09/06/22 08.05

Meme diunggah kembali dengan tambahan kicauan 'Si stupa candi borobudur ada patung dewa anyar.

3.  Meme satunya diunggah @fly_free_DY

 10/06/22 17.25

Meme ini bertuliskan, "Pantas saja tiketnya mahal. Ternyata Opung sudah buat patung 'I Gede Utange Jokowi' untuk tambahan dana bangun IKN."

Menurut Roy Suryo, ia telah menghapus status terkait unggahan meme itu agar tidak ada lagi yang memprovokasi.  "Agar tdk ada yg memprovokasi lagi & dianggap 'mengedit' krn ketidakfahamannya, Maka postingan tsb saya drop, case close."

Sebelumnya Roy Suryo sempat menulis, "Mumpung akhir pekan ringan2 saja Twit-nya. Sejalan dgn Protes Rencana Kenaikan Harga Tiket Naik ke Candi Borobudur (dari 50rb) ke 750rb yg (sdh sewarasnya) DITUNDA itu. Banyak Kreativitas Netizen mengubah Salahsatu Stupa terbuka yg Ikonik di Borobudur itu. LUCU, he-3X (simbong tertawa). Ambyar"

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA