Sunday, 29 Safar 1444 / 25 September 2022

Xi Jinping Lakukan Perjalanan Pertama ke Luar China Daratan

Kamis 30 Jun 2022 17:41 WIB

Red: Teguh Firmansyah

Presiden China Xi Jinping

Presiden China Xi Jinping

Foto: AP Photo/Ng Han Guan
Presiden China Xi Jinping tiba di stasiun West Kowloon, Hong Kong.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Presiden China Xi Jinping tiba di stasiun West Kowloon, Hong Kong, Kamis sore, dengan menggunakan kereta api. Kunjungan ini sekaligus sebagai perjalanan pertamanya ke luar wilayah China daratan dalam dua tahun terakhir sejak pandemi Covid-19 melanda.

Xi mengawali kunjungan dua harinya itu untuk menghadiri peringatan 25 tahun kembalinya Hong Kong ke China daratan yang dirangkai dengan pelantikan pemimpin pemerintahan Wilayah Administratif Khusus Hong Kong (HKSAR) pada Jumat (1/7). Kunjungan ke Hong Kong tersebut merupakan pertama kali dilakukan Xi sejak 2017.

Baca Juga

Kepala Eksekutif HKSAR Carrie Lam dan Direktur Kantor Pusat Penghubung China di Hong Kong Luo Huining menyambut kedatangan Xi beserta istrinya Peng Liyuan di emplasemen stasiun kereta api itu.

"Sudah lima tahun berlalu sejak kunjungan terakhir saya ke Hong Kong," kata Xi.

"Selama lima tahun terakhir, saya selalu perhatian dan peduli terhadap Hong Kong. Hati saya selalu bersama para kompatriot di Hong Kong," kata pemimpin tertinggi Partai Komunis China (CPC) itu menambahkan.

Berbagai kanal media di China menyiarkan meriahnya suasana kedatangan Xi yang disambut para pelajar dengan membawa bendera China dan tarian barongsai. Informasi yang dihimpun Antara Beijing menyebutkan upacara pengibaran bendera peringatan kembalinya Hong Kong ke China akan digelar di Golden Bauhinia Square pada Jumat (1/7) pukul 08.00 waktu setempat (07.00 WIB).

Kemudian dilanjutkan dengan pelantikan Kepala Eksekutif HSAR yang baru John Lee menggantikan Carrie Lam di Hong Kong Convention and Exhibition Center pada pukul 10.00 (09.00 WIB).

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA