Saturday, 15 Muharram 1444 / 13 August 2022

Minuman Paling Sempurna untuk Pengidap Diabetes

Jumat 01 Jul 2022 00:40 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda

Pemeriksaan kadar gula darah. Jaga kadar gula darah dengan menerapkan pola hidup sehat. Salah satunya dengan mencukupi kebutuhan air putih.

Pemeriksaan kadar gula darah. Jaga kadar gula darah dengan menerapkan pola hidup sehat. Salah satunya dengan mencukupi kebutuhan air putih.

Foto: Prayogi/Republika.
Pengidap diabetes perlu mengelola kadar gula darahnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kenaikan kadar gula darah bisa naik ke tingkat yang berbahaya. Itulah mengapa sangat penting untuk menemukan cara alternatif mengelola kadar gula darah pengidap diabetes. Salah satu minuman yang paling baik untuk menurunkan kadar gula darah adalah air.

"Sebab air tidak mengandung karbohidrat atau kalori, itu adalah minuman yang sempurna untuk pengidap diabetes," jelas Diabetes.co.uk, seperti dilansir laman Express.co.uk, Kamis, (30/6/2022).

Baca Juga

Penelitian juga menunjukkan air minum dapat membantu mengontrol kadar glukosa (gula) darah. Diabetes.co.uk menjelaskan tubuh pengidap diabetes membutuhkan lebih banyak cairan ketika kadar glukosa darah tinggi.

"Ini dapat menyebabkan ginjal berusaha mengeluarkan kelebihan gula melalui urine," kata Diabetes.co.uk.

Badan kesehatan tersebut menjelaskan, air tidak akan meningkatkan kadar glukosa darah. Air sangat bermanfaat untuk diminum ketika pengidap diabetes memiliki gula darah tinggi. Hal ini memungkinkan lebih banyak glukosa dikeluarkan dari darah.

Memiliki kadar glukosa darah tinggi juga dapat meningkatkan risiko dehidrasi, yang merupakan risiko bagi pengidap diabetes. Pedoman kesehatan Inggris mengatakan rata-rata warga Inggris harus minum enam sampai delapan cangkir atau gelas cairan sehari.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA