Saturday, 15 Muharram 1444 / 13 August 2022

NAH Project vs Saucony, Momen Jokowi Kenakan Sneakers Bandung Saat Temui Zelenskyy

Kamis 30 Jun 2022 13:57 WIB

Rep: Stevy Maradona/ Red: Stevy maradona

Momen Presiden Jokowi bertemu Presiden Zelenskyy. Kedua kepala negara mengenakan sneakers.

Momen Presiden Jokowi bertemu Presiden Zelenskyy. Kedua kepala negara mengenakan sneakers.

Foto: Medsos NAH Project
Presiden Jokowi sudah mengenakan sneakers dari NAH Project sejak 2018

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo sudah bertolak dari Ukraina. Rombongan kepala negara kini menuju Rusia. Setelah bertemu Presiden Ukraina, Vladimir Zelenskyy, selanjutnya Presiden Jokowi akan bertatap muka dengan Presiden Rusia Vladimir Putin beberapa jam ke depan. Namun ada hal kecil yang menarik dari pertemuan Zelenskyy dan Jokowi. Apa itu?

Sepatu! Ya, sepatu. Dalam foto yang beredar di media sosial maupun pers, kedua kepala negara ternyata mengenakan busana kasual. Tidak resmi resmi amat. Presiden Jokowi hanya mengenakan kemeja putih, celana panjang hitam, dan sneakers hitam. Sementara Zelenskyy mengenakan 'seragam' hariannya, yakni kemeja lapangan warna hijau, celana lapangan warna hijau, dan juga sneakers hijau.
 
Unik memang gaya busana kedua kepala negara. Zelenskyy dikenal selalu mengenakan seragam  itu kala bertemu kepala negara yang mengunjungi Ukraina. Meskipun kepala negara tamu kerap mengenakan busana resmi seperti jas, seperti yang dikenakan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson beberapa waktu lalu. 
 
Sementara Presiden Jokowi juga dalam kunjungan kerja ke berbagai daerah kerap mengenakan seragam kasual tersebut. Kecuali menerima tamu negara di Istana Bogor maupun Istana Negara, barulah mantan wali kota Solo itu berpenampilan resmi.
 
Soal sepatu, Jokowi dan Zelenskyy menggunakan sepatu model sneakers. Sepatu apa yang dipakai Jokowi dan Zelenskyy? Presiden Jokowi dikenal kerap mengenakan sneakers made in Bandung, berjenama NAH Project. Jokowi memilih model FlexKnit yang menggunakan uppers berupa rajutan. Sementara Zelenskyy dalam berkali kali foto yang beredar di pers asing, kerap menggunakan sepatu jenama Saucony model Jazz. Ini adalah sepatu asal Amerika Serikat. 
 
Pertemuan NAH Project FlexKnit dan Saucony Jazz ini rupa-rupanya disadari oleh NAH Project. Dalam unggahannya di media sosial, Kamis (30/6) siang, NAH Project mengunggah tiga foto yang memperlihatkan Presiden Jokowi dan Presiden Zelenskyy. Dalam foto itu jelas sekali terlihat sneakers kasual yang mereka gunakan. NAH Project berkomentar, seperti dikutip dari laman Facebook-nya, "Semoga bisa selalu menemani langkahnya beliau dalam usaha membawa misi perdamaian dan stabilitas dunia."
 
Perkenalan NAH Projetc sebagai 'sepatu resmi' Presiden terjadi pada 2018. Ini dikisahkan sendiri oleh pendiri NAH Project Rizky Arief Dwi, beberapa tahun lalu. IA bertemu dengan putra ketiga Jokowi, Kaesang Pangarep dalam satu pameran. Tak disangka, beberapa hari kemudian, Rizky dihubungi oleh perwakilan Istana yang ingin membeli tiga sepatunya. Ia tidak tahu, sepatu itu untuk siapa, sehingga terkejut ketika NAH Project FlexKnit itu justru dipakai oleh orang nomor satu Indonesia.
 
Sementara Saucony adalah sepatu yang sudah terkenal di AS. Jenama ini mulai eksis di dunia persepatuan sejak 1898. Uniknya, Saucony didirikan oleh empat orang imigran asal Rusia. Mereka berkongsi mendirikan pabrik sepatu kecil di pinggiran Sungai Saucony, Kota Kutztown, Pennsylvania. Bisa jadi, ada hubungan antara imigran Rusia itu dengan mengapa Presiden Zelenskyy kerap mengenakan Saucony Jazz. 
 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA