Sunday, 29 Safar 1444 / 25 September 2022

Kanker Usus Renggut Nyawa Kolumnis Kondang Deborah James, Ini Cara Mudah Kenali Gejalanya

Rabu 29 Jun 2022 21:16 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda

 Kolumnis kondang Deborah James (kiri) yang aktif mengedukasi kanker dan Steve Bland berpose ketika mendapat penghargaan Best Podcast untuk You, Me and the Big C di TRIC Awards 2019. Deborah wafat akibat kanker usus pada Selasa (28/6/2022).

Kolumnis kondang Deborah James (kiri) yang aktif mengedukasi kanker dan Steve Bland berpose ketika mendapat penghargaan Best Podcast untuk You, Me and the Big C di TRIC Awards 2019. Deborah wafat akibat kanker usus pada Selasa (28/6/2022).

Foto: Ian West/PA via AP, File
Deborah James wafat dalam usia 40, lima tahun setelah didiagnosis kanker usus.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jurnalis dan kolumnis kondang The Sun di Inggris, Deborah James, tutup usia pada Selasa (28/6/2022) akibat kanker usus. Sebelum wafat dalam usia 40 tahun, mendiang gencar mengedukasi publik terkait bahaya dan tanda-tanda kanker.

Deborah berusia 35 tahun ketika dia didiagnosis menderita kanker usus. Itu berarti ibu dua anak tersebut  termasuk dalam salah satu dari 42 ribu penderita kasus di Inggris pada 2017.

Baca Juga

Deborah telah mengalami perubahan kebiasaan buang air besar selama setahun serta penurunan berat badan sebelum dia akhirnya mendapatkan diagnosis tersebut. Dia juga merasa kelelahan dan mengalami pendarahan.

Penggalangan dana senilai 3,4 juta poundsterling (Rp 61,3 miliar) terkumpul setelah dilaporkan tidak ada lagi yang bisa dilakukan dokter untuk Deborah. Dia pun kerap giat berbagi peringatan apa saja yang perlu diwaspadai banyak orang.

Kanker usus adalah kanker paling umum keempat di Inggris dan kedua yang paling mematikan. Dalam salah satu kolomnya untuk The Sun, Deborah menulis bahwa dengan berbicara tentang kanker, itu setidaknya akan membuatnya lebih normal.

"Kita bisa mendobrak tabu dan menghentikan orang merasa malu," kata Deborah, dikutip The Sun, Rabu (29/6/2022).

Apa saja gejala yang perlu diwaspadai? Terdapat lima istilah yang disebut dengan "BOWEL".

B: Bleeding (Pendarahan)

Darah dalam tinja adalah salah satu tanda utama kanker usus. Penting untuk memberitahukannya kepada dokter agar dapat segera diatasi.

O: Obvious change in loo habits (Perubahan yang jelas dalam kebiasaan buang air besar)

Penting untuk memberi tahu dokter umum jika Anda telah melihat adanya perubahan dalam kebiasaan buang air besar. Apalagi, jika itu berlangsung selama tiga pekan atau lebih.

W: Weight loss (Penurunan berat badan)

Hal ini kurang umum dibandingkan gejala lainnya, tetapi penting untuk diwaspadai. Jika Anda kehilangan berat badan dan tidak tahu alasannya, ada baiknya langsung berkonsultasi dengan dokter umum. Anda mungkin merasa tidak ingin makan, mual, kembung, dan tidak lapar.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA