Saturday, 12 Rabiul Awwal 1444 / 08 October 2022

Mengenal ENIAC, Komputer Elektronik Serbaguna Pertama di Dunia

Rabu 29 Jun 2022 17:14 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Setyanavidita Livikacansera/ Red: Dwi Murdaningsih

ENIAC, mesin komputasi pertama di dunia.

ENIAC, mesin komputasi pertama di dunia.

Foto: penn today
ENIAC dibuat pada tahun 1940-an oleh militer Amerika Serikat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seiring kemajuan teknologi pada awal hingga pertengahan 1900-an, kebutuhan akan kecepatan komputasi terus mengalami pertumbuhan. Menanggapi kebutuhan ini, militer Amerika Serikat (AS) kemudian menginvestasikan setengah juta dolar AS untuk menciptakan mesin komputasi yang ideal.

Dilansir dari ThoughtCo, Selasa (19/4), pada 31 Mei 1943, komisi militer untuk komputer baru dimulai dengan kemitraan antara John Mauchly dan John Presper Eckert. Mauchly, yang pernah bertugas di militer, mendapat kepercayaan sebagai kepala konsultan dan Eckert sebagai chief engineer.

Baca Juga

Tim baru ini membutuhkan waktu sekitar satu tahun untuk merancang electrical numerical integrator and calculator (ENIAC).Namun, ENIAC masih membutuhkan tambahan waktu 18 bulan lagi, ditambah setengah juta dolar AS dari uang pajak untuk menuntaskan pengembangannya.

Mesin itu juga tidak dihidupkan secara resmi sampai November 1945, saat perang usai. Militer menggunakan ENIAC untuk melakukan perhitungan untuk desain bom hidrogen, prediksi cuaca, studi sinar kosmik, pengapian termal, studi bilangan acak, hingga mendesain terowongan angin.

Setahun kemudian, Mauchly dan Eckert terus mengembangkan fungsi ENIAC lebih jauh lagi. Militer AS juga mensponsori peneli tian ini karena memerlukan komputer untuk menghitung tabel penembakan artileri.

Untuk mengukur penembakan artileri yang tepat, memang diperlukan senjata yang berbeda. Terutama ketika berada dalam kondisi yang bervariasi demi akurasi target.

Sebagai cabang militer yang bertanggung jawab menghitung tabel, Ballistics Research Labora tory (BRL) menjadi tertarik, setelah mendengar tentang penelitian Mauchly di Moore School. Mauchly sebelumnya telah menciptakan beberapa mesin hitung dan pada 1942.

Ia kemudian mulai merancang mesin hitung yang lebih baik berdasarkan karya John Atanasoff, se orang penemu yang menggunakan tabung vakum untuk mempercepat perhitungan.

Paten untuk ENIAC pun diaju kan pada 1947. Menurut penemu sekaligus penulis buku bertemakan teknologi Rocco Leonard Martino, ENIAC adalah salah satu inovasi terbesar dalam sejarah. ENIAC merupakan komputer elektronik serbaguna pertama di dunia.

"Kehadirannya mencakup ino vasi radikal dan revolusioner. ENIAC juga menjadi kakek dari komputer dan transformasi informasi dunia kita saat ini," ujar Rocco, dikutip dari Foreign Policy Research Institute, Selasa (19/4).

Menurut dia, ENIAC juga menjadi mesin pertama yang pernah ditemukan dalam sejarah teknologi, yang lebih berfokus memperkuat pikiran daripada kekuatan fisik.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA