Tuesday, 18 Muharram 1444 / 16 August 2022

Dokter Ungkap Cara Cepat Singkirkan Kolesterol Jahat dalam Tubuh, Cuma 3 Langkah!

Kamis 30 Jun 2022 00:20 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda

Kolesterol tinggi (Ilustrasi). Ada beberapa cara yang direkomendasikan dokter untuk menurunkan kadar kolesterol dengan cepat.

Kolesterol tinggi (Ilustrasi). Ada beberapa cara yang direkomendasikan dokter untuk menurunkan kadar kolesterol dengan cepat.

Foto: Republika
Dokter menganjurkan tiga cara yang dapat ditempuh untuk singkirkan kolesterol jahat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kolesterol tinggi terjadi ketika ada terlalu banyak zat lemak dalam darah yang bisa mengendap di sepanjang dinding pembuluh darah dan mempersempit aliran darah. Ketika terjadi penyempitan, otot jantung harus bekerja lebih keras untuk membuat darah beredar ke seluruh tubuh.

Akibatnya, tekanan darah cenderung meningkat dan penderitanya berisiko tinggi alami penyakit jantung. Tidak hanya itu, kolesterol tinggi juga menempatkan Anda pada risiko serangan jantung atau strok.

Baca Juga

Dokter spesialis emergensi Carol DerSarkissian memverifikasi cara cepat untuk menyingkirkan kolesterol berbahaya dalam tubuh. Pertama, aktivitas fisik atau berolahraga hingga tiga jam per pekan diyakini bisa mengurangi kadar low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat.

Sementara itu, high-density lipoprotein (HDL) dikenal sebagai "kolesterol baik". HDL membantu mencegah penyakit karena mengandung banyak protein dan sangat sedikit kolesterol.

Kedua, dr DerSarkissian juga menyarankan untuk mengonsumsi makanan kaya serat, seperti oatmeal, apel, plum dan kacang-kacangan. Semua makanan kaya serat dapat membantu mencegah tubuh menyerap kolesterol.

"Makan lebih banyak serat juga membantu orang merasa lebih kenyang, yang berarti orang cenderung tidak makan berlebihan," kata DeSarkissian, seperti dilansir dari Express, Rabu (29/6/2022).

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA