Wednesday, 19 Muharram 1444 / 17 August 2022

Jenderal Andika Promosikan Marsma Wahyu Hidayat Sudjatmiko Jadi Danpaspampres

Rabu 29 Jun 2022 05:40 WIB

Rep: Flori Anastasia Sidebang/ Red: Erik Purnama Putra

Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) berbaris di depan Istana Negara, Jakarta Pusat, Ahad (17/7).

Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) berbaris di depan Istana Negara, Jakarta Pusat, Ahad (17/7).

Foto: Republika/ Yasin Habibi
Wahyu Hidayat saat ini menjabat sebagai Wakil Komandan Paspampres.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa melakukan mutasi besar-besaran terhadap 180 posisi perwira tinggi (pati) TNI. Jumlah tersebut terdiri dari tiga matra, yakni Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), dan Angkatan Udara (AU).

Surat keputusan itu ditandatangani oleh Andika di Jakarta pada Senin (27/6/2022). Salah satu yang dimutasi adalah Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) Mayjen Tri Budi Utomo. Dia mendapat promosi sebagai Panglima Kodam (Pangdam) VI/Mulawarman.

Baca: Dua Eks Ajudan Presiden Jokowi Promosi Berbarengan

"Keputusan Panglima Tentara Nasional Indonesia Nomor: Kep/558/VI/2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia," demikian bunyi surat mutasi tersebut dikutip pada Selasa (28/6/2022).

Sementara itu, Marsma Wahyu Hidayat Sudjatmiko mendapatkan promosi menjadi Danpaspampres menggantikan Tri Budi Utomo. Wahyu sebelumnya menjabat sebagai Wakil Komandan (Wadan) Paspampres. Pangkat Wahyu pun akan bertambah satu bintang dan menyandang Marsda.

Andika pun menunjuk Brigjen (Mar) Oni Junianto menjadi Wadan Paspampres. Dia saat ini menduduki posisi Komandan Detasemen Markas (Dandenma) Mabes TNI. Oni yang berasal dari Marinir bertugas menjaga keamanan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Adapun posisi Pangdam VI/Mulawarman sekarang diisi oleh Mayjen Teguh Pujo Rumekso. Dalam surat keputusan itu, Teguh mendapat promosi menjadi Sekretaris Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Sesmenko Polhukam) menggatikan Letjen Mulyo Aji yang memasuki masa pensiun.

Baca: Indonesia Diminta Tolak Kehadiran Timnas Israel di Piala Dunia U-20

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA