Thursday, 18 Rajab 1444 / 09 February 2023

Hewan Qurban di Jaksel tak Ada yang Terinfeksi PMK

Rabu 29 Jun 2022 02:44 WIB

Red: Andi Nur Aminah

Petugas melakukan vaksinasi pada hewan kurban (ilustrasi)

Petugas melakukan vaksinasi pada hewan kurban (ilustrasi)

Foto: istimewa
Ribuan hewan qurban itu sudah memenuhi syarat yang telah ditetapkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Selatan mengatakan hewan qurban di wilayahnya tidak ada yang terinfeksi penyakit mulut dan kuku (PMK) menjelang hari Raya Idul Adha. "Kami bersyukur hingga saat ini tidak menemukan kasus penyakit mulut dan mulut (PMK). Ribuan hewan qurban sudah memenuhi syarat yang telah ditetapkan," kata Kasudin KPKP Jakarta Selatan Hasudungan A Sidabalok, Jakarta, Selasa (28/6/2022).

Pihaknya telah melakukan pemeriksaan 4.136 ekor hewan qurban di sepuluh kecamatan mencakup 1.897 kambing, 1.672 sapi, 609 domba, dan 32 kerbau. Hasudungan menyebutkan kalau semua hewan qurban yang masuk ke Jakarta Selatan sudah mengikuti pemeriksaan sehingga kondisinya dipastikan sehat, cukup umur, dan tidak cacat.

Baca Juga

Adapun sebanyak 43 tempat penampungan hewan qurban (TPnHK) tersebar di sepuluh kecamatan di Jakarta. Untuk antisipasi penyakit mulut dan kuku, pihak Sudin KPKP Jakarta Selatan menerapkan sistem kandang karantina di setiap lokasi. Nantinya hewan qurban yang datang dari luar Jakarta Selatan akan diperiksa untuk memastikan hewan qurban sehat.

"Kami mengadakan pengetatan lalu lintas untuk hewan yang masuk. Selain itu, jika hewan sakit maka akan diberikan pengobatan rutin dengan vitamin dan mineral," tuturnya.

 

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA