Selasa 28 Jun 2022 14:54 WIB

Teleskop James Webb akan Pelajari Lubang Hitam Monster Bima Sakti

James Webb akan berkolaborasi dengan EHT mempelajari lubang hitam.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Sagitarius A*, lubang hitam supermasif galaksi Bima Sakti.
Foto: republika
Sagitarius A*, lubang hitam supermasif galaksi Bima Sakti.

REPUBLIKA.CO.ID, ILLINOIS -- Para astronom membutuhkan teleskop seukuran Bumi untuk mencitrakan lubang hitam monster di pusat Bumi Sakti. Dilansir dari Space, Selasa (28/6/2022), Teleskop Luar Angkasa James Webb, juga dikenal sebagai JWST atau Webb, diluncurkan pada Desember 2021 kini sedang menyelesaikan persiapan untuk mulai mengamati alam semesta.

Di antara tugas yang dijadwalkan untuk tahun pertama Webb adalah bekerja sama dengan Event Horizon telescope (EHT). ETH adalah rangkaian observatorium global yang menerbitkan foto lubang hitam pertama pada April 2019. EHT mengulangi prestasi tersebut pada bulan Mei, ketika merilis gambar pertama Sagitarius A*, lubang hitam supermasif di pusat galaksi Bima Sakti kita.

Baca Juga

Salah satu dari banyak ilmuwan yang menunggu untuk melihat gambar itu adalah Farhad Yusef-Zadeh, seorang astronom di Northwestern University di Illinois. Dia secara khusus ditugaskan dalam pekerjaan EHT di Sagitarius A* untuk mengamati lubang hitam monster.

 

Sagitarius A* adalah objek yang rumit untuk dipelajari karena bintik-bintik di sepanjang cakrawala peristiwanya tiba-tiba menembakkan partikel dengan kecepatan hampir cahaya. Cakrawala peristiwa lubang hitam adalah titik di mana tidak ada apa pun, bahkan cahaya, yang dapat melarikan diri. Suar ini dapat terjadi empat atau lima kali sehari, membuat Sagitarius A* menjadi sesuatu yang sangat mudah berubah.

“Titik panas ini pada dasarnya tiba-tiba menyala dan menyala,” kata Yusef-Zadeh.

Namun, mekanisme suar itu sendiri adalah sebuah misteri. Ilmuwan masih belum tahu bagaimana suar dihasilkan.

"Suar adalah partikel seperti partikel sinar kosmik yang bergerak mendekati kecepatan cahaya. Pasti ada sesuatu yang benar-benar mempercepatnya hingga mendekati kecepatan cahaya, dan kita masih belum tahu apa itu," ucapnya. 

Setiap suar pertama kali terlihat dalam cahaya inframerah, tetapi seiring waktu sinyal membentang menjadi apa yang oleh para astronom disebut radiasi submilimeter. Secara kebetulan, radiasi submilimeter yang dikumpulkan oleh Event Horizon Telescope untuk membuat gambar lubang hitamnya yang berarti bahwa para ilmuwan EHT mendeteksi sinyal lubang hitam yang mendasarinya dan sinyal suar.

“Ini adalah hal terburuk yang bisa terjadi pada pencitraan lubang hitam, karena Anda tidak ingin mengamati sumber variabel. Anda perlu mengeluarkan komponen variabel untuk benar-benar membangun citra yang tepat dari sumber itu sendiri.”

Di situlah Webb masuk. JWST membawa beberapa kekuatan untuk kolaborasi ini. Mengorbit pada titik hampir 1 juta mil (1,5 juta kilometer) dari Bumi, tidak ada cuaca mendung yang mengganggu pengamatan. Selain itu, Webb menawarkan dua instrumen yang secara bersamaan dapat mengumpulkan data dalam dua jenis cahaya inframerah yang berbeda.

“Memiliki kemampuan untuk secara bersamaan mengamati peristiwa yang melebar di dekat-inframerah dan pertengahan-inframerah sejauh yang saya tahu belum pernah dilakukan sebelumnya,” kata Yusef-Zadeh.

Pengamatan terus menerus pada kedua panjang gelombang harus memungkinkan para ilmuwan untuk membedakan antara Sagitarius A* dan suarnya. “Ini seperti dua teleskop, pada dasarnya, mengamati secara bersamaan.”

Teleskop Luar Angkasa Hubble NASA telah mempelajari Sagitarius A* dalam inframerah. Namun, Hubble hanya dapat memantau satu panjang gelombang pada satu waktu, dan mengamati dalam potongan-potongan hanya selama 45 menit saat melewati antara siang dan malam di orbit Bumi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement