Monday, 10 Muharram 1444 / 08 August 2022

Lafaz 'Allah" di Serial The Umbrella Academy Picu Kontra Warganet

Selasa 28 Jun 2022 12:05 WIB

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Nashih Nashrullah

Ilustrasi lafaz Allah SWT. Belum ada keterangan resmi terkait Lafaz Allah di Serial The Umbrella Academy

Ilustrasi lafaz Allah SWT. Belum ada keterangan resmi terkait Lafaz Allah di Serial The Umbrella Academy

Foto: republika
Belum ada keterangan resmi terkait Lafaz Allah di Serial The Umbrella Academy

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA– Tulisan atau lafaz “Allah” yang digambar di salah satu serial Netflix berjudul The Umbrella Academy sedang ramai dibahas warga Twitter. 

Banyak warganet yang mengecam serial ini lantaran menayangkan adegan penulisan lafaz Allah di lantai yang kemudian disandingkan dengan beragam simbol agama lain.  

Baca Juga

Seruan boikot Netflix oleh warganet bahkan muncul akibat kontroversi ini. Beberapa meminta memberikan ulasan buruk tentang serial ini di google.  

Awalnya sebuah akun @Rizkiymhmd mengunggah dua buah foto yang menunjukkan seseorang sedang menuliskan sesuatu di lantai. Tulisan-tulisan itu kemudian diketahui merupakan lambang-lambang yang mewakili berbagai agama, berikut salah satunya, lafadz Allah.  

"Pas nonton The Umbrella Academy 3 aku langsung ngeh di scene bagian ini ada lafaz Allah di lantai :(," tulis akun itu di Twitter.  

Beragam respons kemudian ditunjukkan warganet. Banyak yang mengecam dan ada juga yang menilai hal itu biasa.  

"Kadang suka heran. Entah itu disengaja atau tidak, apa mereka nggak riset atau cari tau dulu. Soalnya kan agama apa pun itu adalah hal yang sensitif. Nanti giliran umat islam marah, malah dikatain agama anarkis. Kan aneh," tulis akun bernama Soo Myoui.  

Ada juga warganet yang mengaku sedih dengan isu yang menerpa serial favoritnya. "Gue udah ngikutin series ini dari awal dulu, gue gak sejeli itu merhatiin scene yg ada difoto. Ikut kaget dan sedih juga karena viralnya series favorit gue menyinggung agama. But, semua orang punya opininya masing-masing, yg mau boikot silahkan yg mau lanjut nonton juga mari," ujar akun bernama Lilu.  

"Soalnya pas di scenenya si ibu robot ngira kalo cahaya merah itu Lord, trs ditaro lah lafadz Allah, sama lambang agama lain itu buat dipuja2. Tapi ya ga etis aja masa lafadz Allah ditaro di tanah gitu," tulis akun Rarass.  

Ada yang menganggap hal ini seakan biasa. "Itu keknya emang semua simbol religion ada deh, Hindu ada, Jewish ada, Kristen ada," tulis akun nicks.  

Sebuah akun @pimprooo lalu mencoba menjelaskan isu ini. "Itu di the umbrella academy season 3 episode 1 menit ke 00:43:31. itu pluralisme mungkin maksudnya jadi semua logo agama dimasukin, tapi ngape disitu ada lafaz Allah, padahal udah ada bulan bintang," katanya.    

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA