Tuesday, 11 Muharram 1444 / 09 August 2022

Kebahagiaan Petani Binaan BMH Panen Tomat dan Terong di Balikpapan

Senin 27 Jun 2022 15:01 WIB

Red: Irwan Kelana

Petani binaan BMH Kaltim  di  Gunung Bubukan, Teritip, Balikpapan, panen tomat, Ahad (26/6).

Petani binaan BMH Kaltim di Gunung Bubukan, Teritip, Balikpapan, panen tomat, Ahad (26/6).

Foto: Dok BMH
Panen itu berlangsung di lokasi pertanian, yakni Gunung Bubukan, Teritip, Balikpapan.

REPUBLIKA.CO.ID, BALIKPAPAN -- Program Mandiri Terdepan (Mapan) BMH Kaltim kembali membuahkan hasil. "Alhamdulillah setelah tiga bulan berjalan, proses penanaman tomat dan terong kini membuahkan hasil.  Petani semua bahagia karena bisa panen," terang Kadiv Program dan Pemberdayaan BMH Kaltim, M  Rofiq, Ahad  (26/6).

Panen itu berlangsung di lokasi pertanian, yakni Gunung Bubukan, Teritip, Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim).

Semua bermula dari upaya BMH memberikan bantuan modal usaha kepada para petani yang menggarap lahan sewaan. "Akhirnya, tomat dan terong hasil jerih payah mereka bisa dipanen secara masal hari ini,"  ujar  Rofiq dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Senin (27/6).

photo
Petani binaan BMH di Gunung Bubukan, Teritip, Balikpapan, panen terong, Ahad (26/6).  (Foto: Dok BMH)
Sementara itu, perwakilan petani Gunung Bubukan, Hasrah, mengaku, walau hasil panen belum maksimal, tetap harus disyukuri. "Untuk saya, walaupun hasilnya belum maksimal karena beberapa bulan lalu kondisi cuaca sangat tidak kondusif, namun dengan hasil ini kami juga sangat bersyukur mendapatkan hasil panen yang lumayan," ujarnya.

Hasrah juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada BMH yang telah mengasistensi penggarapan lahan pertanian tomat dan terong ini.

"Kami juga mengucapkan banyak terima kasih kepada BMH yang telah membantu dan mendukung kami yang ada di Teritip, terkhusus saya pribadi. Dukungan itu sangat membantu kami," tutur Hasrah sumringah.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA