Friday, 21 Muharram 1444 / 19 August 2022

Universitas BSI Bersinergi dalam Sachie Festival Unjuk Karya 2022 SMAN 1 Cikampek

Senin 27 Jun 2022 11:22 WIB

Red: Gita Amanda

Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Cikampek turut hadir sebagai undangan dalam acara Sachie Festival Unjuk Karya 2022.

Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Cikampek turut hadir sebagai undangan dalam acara Sachie Festival Unjuk Karya 2022.

Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Sachie Festival diharapkan bisa memunculkan ide dan pemikiran kreatif siswa

REPUBLIKA.CO.ID, CIKAMPEK--  SMAN 1 Cikampek sukses menggelar event besar sekolah bernama Sachie Festival Unjuk Karya 2022. Event ini berlangsung pada Rabu dan Kamis, 22-23 Juni 2022, lalu, dalam rangka penguatan profil pelajar Pancasila yang sudah tertuang dalam rencana kegiatan sekolah.

Kegiatan yang bertajuk “Melestarikan Budaya dengan Produk Kewirausahaan” ini, dibuka secara resmi oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan (KCD) Wilayah IV, Ai Nurhasan. Ia berpesan dalam sambutannya, sebagai siswa harus mempunyai pola pikir maju dan kreatif.

“Hadirnya Sachie Festival ini, saya harap siswa/i akan dilatih dalam memunculkan ide dan pemikiran yang kreatif. Sehingga kita juga bisa menjadi seorang produsen, tidak hanya konsumen,” ujar Ai dalam sambutannya, saat membuka acara.

Sementara itu, Agus Setiawan, selaku Kepala Sekolah SMAN 1 Cikampek mengatakan, Sachie Festival Unjuk Karya 2022 menghadirkan pameran karya/produk kewirausahaan berbasis kebudayaan nusantara, pentas seni kearifan lokal karawang dan nusantara, asesmen sumatif karya/produk, pentas seni kelas XI dan ekstrakurikuler, serta kegiatan sosial donor darah.

“Sekolah telah merancang, mendesain dan merencanakan dengan matang di setiap akhir semester. Kita harus selalu melaksanakan unjuk karya sebagai show up dan pembuktian kepada orang tua, masyarakat, bahwa siswa/i SMAN 1 Cikampek sudah sampai pada tahap mampu membuat karya kreativitas produk sebagai wujud kolaborasi, kerja sama dari berbagai lintas disiplin ilmu,” ujar Agus, dalam keterangan rilis, Senin (27/6/2022). 

Sementara itu, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Cikampek turut hadir sebagai undangan dalam acara tersebut, serta ikut mendukung dan menyukseskan event besar yang diselenggarakan oleh SMAN 1 Cikampek. 

Mohammad Syamsul Azis, selaku Kepala Kampus Universitas BSI kampus Cikampek mengatakan bahwa, pihaknya juga membuka stand booth untuk berbagi informasi tentang kampus, khususnya informasi tentang penerimaan mahasiswa baru (PMB) bagi lulusan SMAN 1 Cikampek yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

"Universitas BSI kampus Cikampek selalu menjalin silaturahmi dan komunikasi yang baik dengan relasi kami, salah satunya SMAN 1 Cikampek,” ucap Azis. Menurut Azis, Universitas BSI juga telah menjalin kerja sama dibidang lain dengan sekolah, yang salah satunya menyediakan tempat bagi siswa melaksanakan On the Job Training (OJT) di kampus Universitas BSI.

Selain itu, Eni Setiani, selaku Ketua Pelaksana berharap, kegiatan ini bisa menjadi pembelajaran dan pengalaman untuk seluruh siswa, dalam mengembangkan karakter Pelajar Pancasila. Ia menjelaskan, karakter tersebut, yaitu melatih kebiasaan gotong royong, kemandirian, kemampuan bernalar kritis, kreativitas, berkebhinekaan global tanpa melupakan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.  

“Saya ucapkan terima kasih banyak, kepada Kepala Sekolah SMAN 1 Cikampek yang telah memberikan dorongan motivasi, serta semangat untuk terus berkarya dalam mengimplementasikan program sekolah penggerak dan terima kasih juga kepada semua panitia, guru, osis, siswa, alumni, tamu undangan dan sponsor yang sudah mendukung kegiatan ini, salah satunya Universitas BSI kampus Cikampek,” tutur Eni.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA