Saturday, 22 Muharram 1444 / 20 August 2022

Daya Tampung SMPN di Kota Tangerang capai 10.800 Siswa

Senin 27 Jun 2022 10:51 WIB

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra

Orang tua wali mengisi formulir daftar ulang PPDB di SMPN 5 Yogyakarta, Kamis (23/6/2022).

Orang tua wali mengisi formulir daftar ulang PPDB di SMPN 5 Yogyakarta, Kamis (23/6/2022).

Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Penerimaan Peserta Didik Baru jenjang SMPN di Kota Tangerang mulai dibuka Senin.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Jamaluddin mengatakan, daya tampung siswa baru sekolah menengah pertama negeri (SMPN) di Kota Tangerang pada tahun ajaran 2022/2023 mencapai 10.800 siswa. Dia mengatakan, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMPN mulai dibuka pada Senin (27/6/2022) menggunakan sistem daring.

Ada empat jalur pendaftaran yang disediakan, yakni afirmasi, zonasi, perpindahan orang tua/wali, dan jalur prestasi sesuai dengan Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021. "Kami harapkan nantinya para orang tua bisa menentukan sekolah sesuai dengan zonasinya dan tidak memaksakan memilih sekolah di wilayah lain," kata Jamaluddin di Kota Tangerang, Provinsi Banten, Senin.

Baca: MD Forhati Minta PN Surabaya Cabut Putusan yang Tetapkan Nikah Beda Agama

Kemudian, bagi orang tua yang anaknya tidak diterima di sekolah negeri maka bisa mendaftar ke sekolah swasta. Jamaluddin menegaskan, kualitas sekolah swasta juga ada yang sama dengan negeri. Apalagi bagi warga yang kurang mampu yang tidak diterima di sekolah negeri dan masuk ke sekolah swasta akan diberikan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) sebesar Rp 1 juta.

"Ada juga bantuan Tangerang Cerdas sebesar Rp 100 ribu per bulan per siswa. Jadi, Pemerintah Kota Tangerang sudah mengakomodasi untuk semuanya," kata Jamaluddin. Untuk informasi selengkapnya tentang PPDB bagi jenjang SMPN di Kota Tangerang, dapat mengunjungi laman ppdbmandiri.tangerangkota.go.id atau dapat mengunduh aplikasi PPDB Online Kota Tangerang.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA