Monday, 10 Muharram 1444 / 08 August 2022

Walkot Medan Dukung BWS Sumatera Optimalkan Penanganan Banjir

Ahad 26 Jun 2022 09:48 WIB

Red: Bilal Ramadhan

 Orang-orang berjalan melewati mobil yang tersapu banjir di sebuah lingkungan di Medan, Sumatera Utara. Walkot Medan Bobby Nasution mendukung BWS Sumatera mengoptimalkan penanganan banjir.

Orang-orang berjalan melewati mobil yang tersapu banjir di sebuah lingkungan di Medan, Sumatera Utara. Walkot Medan Bobby Nasution mendukung BWS Sumatera mengoptimalkan penanganan banjir.

Foto: AP Photo/Binsar Bakkara
Walkot Medan Bobby Nasution mendukung BWS Sumatera mengoptimalkan penanganan banjir.

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Wali Kota Medan, Sumatera Utara, Bobby Nasution mendukung Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera II mengoptimalkan penanganan banjir akibat hujan deras di daerah ini.

"Kami harap kerja sama yang sudah terjalin, semakin kolaboratif," kata Bobby, Sabtu (25/6/2022).

Baca Juga

Hal ini diutarakannya usai menerima kunjungan Kepala BWS Sumatera II Mohammad Firman beserta jajarannya di pendopo rumah dinas Wali Kota Medan, Jalan Sudirman, Medan.

Selain dari sisi pekerjaan, lanjut dia, Pemkot Medan juga akan mengalokasikan anggaran, sehingga penanganan banjir berjalan lancar dan dampaknya dirasakan langsung oleh masyarakat.

Terlebih beberapa hari terakhir wilayah Kota Medan diguyur hujan dengan intensitas tinggi yang cukup lama, maka pihaknya ingin mengevaluasi titik-titik mana saja yang perlu dibenahi.

"Seperti kemarin, Medan diguyur hujan lebih di atas tiga jam. Karena terbilang deras dan di atas tiga jam, kita evaluasi. Alhamdulillah, kawasan Lapangan Merdeka kita lihat tidak ada genangan," katanya.

"Namun di beberapa titik masih dilanda banjir. Inilah yang perlu sama-sama kita fokuskan pembagian kerja, mana yang menjadi tugas Pemkot Medan dan BWS Sumatera II," jelas Bobby.

Dia mengatakan, salah satu titik fokus Jalan Dr Mansyur yang kerap tergenang air. Pihaknya berharap dilakukan pengorekan Sungai Sei Sikambing, selain untuk pembenahan menampung debit air.

"Hal-hal apa saja yang perlu kita kolaborasikan, kami siap. Termasuk warga yang tinggal di sekitar sungai, karena kita ingin penanganan optimal. Apapun yang jadi tanggung jawab kami, maka kami tangani," tutur Bobby.

Kepala BWS Sumatera II, Mohammad Firman, mengaku, pihaknya telah diingatkan oleh direktorat jenderal mengatasi banjir di Jalan Dr Mansyur dengan menormalisasi Sungai Sei Sikambing.

"Kita akan lakukan secara komprehensif dari hulu ke hilir. Normalisasi Sungai Sei Sikambing ini, jadi salah satu bentuk penanganannya," terang dia.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA