Saturday, 5 Rabiul Awwal 1444 / 01 October 2022

Toyota Bakal Daur Ulang Baterai Mobil Listrik Jadi Baru

Senin 27 Jun 2022 01:16 WIB

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih

Ilustrasi Mobil Listrik

Ilustrasi Mobil Listrik

Foto: Foto : MgRol_94
Toyota menggandeng Redwood Materials mendaur ulang baterai mobil.

REPUBLIKA.CO.ID, NEVADA -- Tahun lalu, Ford menggandeng Redwood Materials untuk bersinergi dalam daur ulang baterai mobil listrik. Kini, Redwood Materials pun digandeng oleh Toyota untuk hal yang sama.

Dikutip dari The Verge pada Jumat (24/6/2022), lewat kerja sama ini, Toyota berharap setiap produk mobil listrik atau electric vehicle (EV) yang dihadirkan bisa benar-benar tampil sebagai kendaraan yang ramah lingkungan.

Baca Juga

Lewat keahlian Redwood Materials, Toyota berharap setiap baterai bekas yang ada bisa dioleh untuk jadi baterai baru.

Dengan begitu, Toyota bisa menghadirkan EV dengan harga yang lebih murah sekaligus menekan sampah baterai yang bisa memberikan dampak negartif bagi lingkungan.

Dengan adanya kerja sama ini, maka kini Redwood Materials telah dirangkul oleh Toyota, Ford dan Volvo. Hingga saat ini, perusahaan yang berbasis di Nevada, Amerika Serikat tersebut telah berhasil mendaur ulang baterai dengan total kapasitas sekitar enam gigawatt-hours.

Ditargetkan, angka itu bisa naik jadi 100 gigawatt-hours pada 2025 seiring dengan semakin banyaknya baterai yang didaur ulang.

Dalam kerjasamanya dengan Ford, perusahaan ini mendapat suntikan dana sebesar 50 juta dolar AS. Lewat investasi ini, Redwood Materials tak hanya berperan sebagai mitra daur ulang baterai. Tapi, Redwood Materials juga ditantang untuk membantu Ford dalam mengembangkan baterai baru yang efisien.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA