Saturday, 15 Muharram 1444 / 13 August 2022

Wayne Rooney Resmi Tinggalkan Derby County

Sabtu 25 Jun 2022 08:11 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Wayne Rooney.

Wayne Rooney.

Foto: REUTERS/Carl Recine
Permasalahan Derby bena-benar kompleks seiring ketidakjelasan status pemilik klub.

REPUBLIKA.CO.ID, DERBY -- Wayne Rooney akhirnya memilih mengakhiri kerjasama dengan Derby County. Pelatih berusia 36 tahun menilai, The Rams membutuhkan pelatih dengan ide yang lebih segar dan tidak terpengaruh dengan situasi klub dalam 18 bulan terakhir. 

Eks penyerang Manchester United itu agaknya merujuk pada polemik soal kepemilikan Derby County. Pengelolaan Derby County terpaksa diambil alih oleh otoritas penyelenggara Liga Inggris usai kegagalan manajemen, yang dipimpin oleh Mel Morris. 

Baca Juga

The Rams pun sempat mendapatkan sanksi 12 poin usai melanggar sejumlah ketentuan finansial oleh otoritas Liga Inggris. Ujungnya, The Rams gagal bertahan di Divisi Championship usai finish ke 23. Derby County dipastikan akan merumput di kasta ketiga piramida kompetisi sepak bola di Inggris, League One, pada musim depan. 

Hingga kini, Derby County masih belum menemukan pemilik anyar ataupun pihak yang berniat untuk menggelontorkan investasi ke The Rams. Rooney, yang sebenarnya masih memiliki sisa kontrak satu tahun bersama Derby County, akhirnya memutuskan untuk meninggalkan The Rams. Keputusan ini pun sudah diungkapkan Rooney dalam pertemuan dengan pengelola klub, yang berada di bawah kendali Quantuma. 

''Sepanjang musim panas ini, saya telah mengikuti perkembangan soal peralihan kepemilikan klub. Saya telah bertemu dengan pengelola klub dan memberitahukan kepada mereka soal keputusan untuk meninggalkan klub ini. Mereka mencoba mempertahankan saya. Namun, keputusan saya sudah bulat,'' ujar Rooney dalam pernyataan resmi Derby Coutny di laman klub, Sabtu (25/6/2022). 

Kembali ke Inggris setelah petualangan bersama DC United di MLS, Rooney bergabung bersama Derby County pada Januari 2020 silam. Selain sebagai pemain, Rooney pun merangkap jabatan sebagai asisten pelatih. Namun, setelah kepergian Phillip Cocu, Rooney dipercaya untuk menjadi pelatih sementara. 

Akhirnya, pada Januari 2021, Rooney mengumumkan gantung sepatu sebagai pesepakbola profesional dan langsung menduduki jabatan sebagai pelatih kepala The Rams. Dari 73 laga memimpin Derby County, eks penyerang timnas Inggris itu sukses mempersembahkan 22 kemenangan, 17 hasil imbang, dan 34 kali kekalahan. Rooney pun menilai, saat ini, Derby County membutuhkan sosok pelatih yang memiliki ide lebih segar dan tidak terpengaruh dengan kondisi klub dalam 18 bulan terakhir. 

''Saya menilai, klub ini membutuhkan pemimpin dengan ide lebih segar dan tidak terpengaruh dengan kondisi yang terjadi dalam 18 bulan terakhir. Saya akan meningat kiprah saya bersama Derby County dengan kebanggaan besar,'' kata mantan penyerang Everton, Manchester United, DC United, dan Derby County tersebut.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA