Saturday, 5 Rabiul Awwal 1444 / 01 October 2022

Sebanyak 2.936 Camaba Lulus Masuk Universitas Andalas Padang 

Jumat 24 Jun 2022 23:55 WIB

Rep: Febrian Fachri / Red: Nashih Nashrullah

Kampus Universitas Andalas (Unand), Padang, Sumatra Barat (Ilustrasi). Universitas Andalas, Padang, menerima sebanyak 2.936 calon mahasiswa (camaba)

Kampus Universitas Andalas (Unand), Padang, Sumatra Barat (Ilustrasi). Universitas Andalas, Padang, menerima sebanyak 2.936 calon mahasiswa (camaba)

Foto: ANTARA/Iggoy el Fitra
Pengumuman hasil seleksi camaba Uversitas Andalas Padang diumumkan Jumat

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG— Universitas Andalas, Padang, menerima sebanyak 2.936 calon mahasiswa (camaba) baru untuk tahun ini. Pengumuman hasil seleksi pun sudah dikeluarkan.  

Wakil Rektor I Universitas Andalas, Mansyurdin, mengatakan pengumuman hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) telah diumumkan pada Jumat (24/6/2022) pukul 15.00 WIB melalui laman https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id dan juga bisa melalui laman https://sbmptn.unand.ac.id

Baca Juga

Mansyur menyebut sebanyak 2.936 calon mahasiswa baru lulus di Universitas Andalas melalui jalur SBMPTN dari 34.782 peserta yang mendaftar di jalur ini. 

 “Jumlah peserta yang mendaftar di tahun ini lebih banyak dibandingkan tahun lalu yang hanya mencapai 32.541 orang,” kata Mansyur, Jumat (24/6/2022). 

Lima peminat terbanyak yang mendaftar di Universitas Andalas yakni pada Prodi pendidikan dokter (kedokteran), farmasi (farmasi), ilmu hukum (hukum), managemen (fakultas ekonomi dan bisnis), dan kesehatan masyarakat (fkm). 

Bagi yang belum lulus  SBMPTN bukan satu-satunya jalur untuk masuk ke perguruan tinggi. Masih ada kesempatan belajar di Universitas Andalas melalui jalur SIMA. 

“Untuk SIMA ada lima jalur yang dibuka dan akan menampung hingga 2.849 mahasiswa baru atau setara 40 persen kapasitas penerimaan tahun ini,” ujar Mansyur.

Staf ahli bidang akademik Unand, Syofyan, mengatakan SIMA ini terbagi lima jalur yakni SIMA prestasi, kerja sama, disabilitas, akademik, dan internasional. 

Menurut Syofyan, SIMA Akademik ini terbagi dua yakni SIMA Akademik Nilai Ujian dan SIMA Akademik UTBK.  Bagi Siswa Lulusan 2020, 2021 dan 2022 yang tidak memiliki nilai UTBK dan merasa kurang yakin dengan hasil nilai UTBKnya dapat mengikuti seleksi jalur ini.

Pelaksanaan SIMA Akademik Nilai Ujian ini sama seperti pelaksanaan UTBK yang diselenggarakan LTMPT.  “Penyelenggaraan SIMA ini juga sudah dikerjasamakan dengan pihak LTMPT dan juga akan diawasi langsung,” kata Syofyan. 

Pelaksanaan SIMA Akademik Nilai Ujian ini akan dilaksanakan di kampus Universitas Andalas pada 27-28 Juni 2022 mendatang, sedangkan untuk pengumuman hasil akan diumumkan pada 6 Juli 2022, dan pendaftaran ulang pada 8–15 Juli 2022. 

Untuk SIMA Akademik Nilai UTBK pendaftarannya baru akan dibuka setelah pengumuman hasil UTBK diumumkan oleh LTMPT yakni pada 28 Juni 2022.     

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA