Friday, 4 Rabiul Awwal 1444 / 30 September 2022

Iggi H Achsien Gantikan Ilham Habibie Sebagai Komut Bank Muamalat

Jumat 24 Jun 2022 23:17 WIB

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Nashih Nashrullah

Iggi H Achsien terpilih sebagai Komisaris Utama Bank Mualat. Iggi berkomitmen jadikan Bank Muamalat lebih baik.

Iggi H Achsien terpilih sebagai Komisaris Utama Bank Mualat. Iggi berkomitmen jadikan Bank Muamalat lebih baik.

Foto: Republika/Thoudy Badai
Iggi H Achsien berkomitmen jadikan Bank Muamalat lebih baik

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – PT Bank Muamalat Indonesia Tbk menyetujui perubahan jajaran komisaris dan direksi baru yang diselenggarakan hari ini, Jumat (24/6/2022) di Muamalat Tower, Jakarta.

Iggi H Achsien yang sebelumnya menjabat Komisaris Independen terpilih sebagai Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen. 

Baca Juga

"Inna lillahi wa inna ilaihi raajiuun, pada hari ini saya menerima amanah pemegang saham untuk menjadi Komisaris Utama Bank Muamalat.  Saya berkomitmen dan berikhtiar untuk menjadikan Bank Muamalat menjadi lebih baik lagi, sebagai bagian dari proses transisi, terutama setelah Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) menjadi Pemegang Saham Pengendali sejak Januari 2022 lalu," katanya pada Republika.co.id, Jumat (24/6/2022). 

Iggi menyampaikan bahwa Bank Muamalat telah menjadi rumahnya sejak 2014. "Saya mohon doa dan dukungan dari semua pihak agar kami dapat terus meningkatkan kapabilitas kami untuk melayani kebutuhan layanan keuangan umat, khususnya jamaah haji," katanya. 

Ketua Badan Pelaksana BPKH, Anggito Abimanyu, mengatakan Iggi memiliki kompetensi, pengalaman dan dikenal luas di kalangan industri keuangan syariah. 

"Kedepan diharapkan Komut yang baru dapat memimpin jajaran dewan komisaris BMI untuk dapat melakukan pengawasan yang lebih baik dalam melakukan //turn around business// BMI," katanya. 

Iggi saat ini juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), Tim Ahli Wakil Presiden RI, dan Komisaris Independen PT Pertamina (Persero). Ia memiliki pengalaman di industri keuangan di bidang perbankan syariah, pasar modal, dan juga asuransi. 

Ia juga aktif terlibat dalam industri keuangan syariah dan dikenal sebagai pioneer dalam penerbitan Obligasi Syariah (Sukuk) di Indonesia dengan penerbitan pertama Obligasi Syariah Mudharabah Indosat tahun 2002. Iggi juga ikut terlibat bersama Kementrian Keuangan dalam proses penerbitan Sukuk Negara tahun 2008. 

Ia menjabat sebagai Komisaris Independen PT Bank Muamalat Indonesia Tbk sejak diangkat pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan 23 Juni 2014. Pada RUPSLB 24 Juni 2022, Iggi menggantikan posisi Ilham Habibie.  

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA