Jumat 24 Jun 2022 17:02 WIB

Erick Thohir Inisiasi Reaktivasi Jalur Kereta di Sawahlunto Sumbar

Menteri BUMN Erick Thohir menginisiasi reaktivasi jalur kereta di Sawahlunto, Sumbar.

Rep: M Nursyamsyi/ Red: Bilal Ramadhan
Kereta Api Mak Itam salah satu warisan budaya dunia Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto. Menteri BUMN Erick Thohir menginisiasi reaktivasi jalur kereta di Sawahlunto, Sumbar.
Foto: Republika/Febrian Fachri
Kereta Api Mak Itam salah satu warisan budaya dunia Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto. Menteri BUMN Erick Thohir menginisiasi reaktivasi jalur kereta di Sawahlunto, Sumbar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menginisiasi reaktivasi atau beroperasinya kembali jalur kereta lintas Sawahlunto-Muaro Kalaban di Sumatera Barat (Sumbar). Hal ini disampaikan Direktur Utama PT KAI (Persero) Didiek Hartantyo saat konferensi pers di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (23/6/2022).

"Pengaktivan kembali jalur tersebut juga merupakan bagian dari arahan Menteri BUMN Erick Thohir untuk membangkitkan kembali pariwisata di Sumatra Barat. Tidak hanya mencari keuntungan tapi ini lebih besar lagi bagi masyarakat," ujar Didiek.

Baca Juga

Dalam acara tersebut, KAI bersama PT Bio Farma (Persero), PT Pupuk Indonesia (Persero), dan PT Semen Indonesia (Persero), sepakat berkolaborasi melakukan reaktivasi jalur kereta lintas Sawahlunto-Muaro Kalaban. Didiek menyampaikan, dalam kolaborasi empat BUMN tersebut, KAI didukung pendanaan dan dalam bentuk sponsorship.

Didiek menyebut panjang lintasan kereta yang akan direaktivasi tersebut sekitar empat kilometer. Jalur tersebut nantinya akan melayani kereta wisata yang akan ditarik oleh lokomotif uap E1060 atau lebih dikenal dengan sebutan Mak Itam.

Didiek memastikan peletakan batu pertama Reaktivasi jalur tersebut akan dilakukan dalam waktu dekat atau Ditargetkan pada akhir Juni atau Juli 2022. Didiek menyebut, pengerjaan reaktivasi membutuhkan waktu selama enam bulan.

"Awal Januari 2023 diharapkan bisa beroperasi," ucap Didiek.

Melalui dukungan Bio Farma, Pupuk Indonesia, SIG, dan KAI akan melakukan perbaikan prasarana berupa perbaikan rel, jembatan, terowongan, dan prasarana pendukung lainnya. Saat ini, KAI juga sedang melakukan perbaikan lokomotif uap atau Mak Itam buatan Jerman pada 1965.

"Nanti masing-masing BUMN akan mendapatkan naming rights dan berbagai keuntungan komersial lainnya pada stasiun serta kereta yang nanti dioperasikan," ujar Didiek.

Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir mengatakan kerja sama tersebut menjadi bukti konkret sinergi BUMN. Honesti mengatakan upaya tersebut juga merupakan upaya untuk menggerakkan ekonomi setelah pandemi.

"Kami juga berkomitmen membantu sukseskan ini meskipun Bio Farma tidak ada wilayah kerja di Padang," ucap Honesti.

Sementara itu, Direktur Utama Pupuk Indonesia Nugroho Christijanto mengharapkan kolaborasi tersebut dapat menggerakan sektor pariwista. Begitu juga dengan mengembalikan perekonomian di Sumatra Barat.

"Kali Pupuk Indonesia di wilayah kerja intens dengan pertaniannya. Kami juga punya wilayah kerja. tentunya ini juga bisa kami upayakan dalam mensosialisasikan Pupuk Indonesia dalam konteks kerja sama kita," ucap Nugroho.

Direktur Utama Semen Indonesia Donny Arsal memastikan juga mendukung pengoperasian kembali kereta api lintas Sawahluto-Muara Kalaban. Donny mengharapkan sinergi tersebut dapat mendukung Situs Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto yang ditetapkan UNESCO debagai warisa dunia baru.

"Semoga degan diaktifkannya kembali jalur kereta ini dapat memberikan pilihan destinasi wisata dan edukasi baru yang dapat menopang kebangkitan ekonomi, menciptakan peluang usaha dan juga mampu membuka lapangan kerja," kata Donny.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement