Kamis 23 Jun 2022 14:50 WIB

Ini Dia Kartu MicroSD Berkapasitas Tertinggi di Dunia

MicroSD i400 dengan ruang penyimpanan hingga 1,5 TB.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Micron meluncurkan kartu microSD yang berkapasitas tertinggi di dunia bernama i400 dengan ruang penyimpanan hingga 1,5 TB. Kapasitas tersebut 50 persen lebih besar dibandingkan kartu sebelumnya, C200.

Demi mencapai kapasitas tinggi, Micron menggunakan teknologi 176-layer 3D NAND dan akan menargetkan pasar perusahaan, terutama yang berkaitan dengan penyimpanan video di edge. Ini berarti pengguna jangan berharap kartu akan mempunyai harga murah atau mudah didapat. Sebab, ini dirancang untuk menangani perekaman berkualitas tinggi 24x7 selama lima tahun.

Baca Juga

Sampai saat ini belum ada rincian tentang kinerjanya, tetapi ini jelas merupakan produk kelas industri, tidak seperti C200. Kartu C200 menggunakan teknologi 96-layer 3D NAND yang memiliki beberapa kapasitas cadangan untuk meratakan keausan.

Sampai saat ini, Silicon Power, Lexar, Sandisk, Teamgroup dan PNY semuanya telah merilis microSD 1TB. Sementara itu, Kingston dan Samsung secara diam-diam masih mengamati situasi ini. 

Jadi, apakah orang lain akan mengikuti langkah Micron dengan kartu microSD yang lebih besar dari 1TB? Mungkin, tetapi harganya tidak akan murah di pasar. Salah satu fitur yang tidak masuk ke i400 adalah SD Express, teknologi berkecepatan tinggi yang dapat meningkatkan transfer data hingga 4GBps.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement