Kamis 23 Jun 2022 11:58 WIB

5 Planet dan Bulan Berjajar Pekan Ini, Terakhir Terjadi 158 Tahun Lalu

Dari 23 Juni hingga 25 Juni, bulan sabit kecil menyelinap di antara Venus dan Mars.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Lima planet dan bulan berjajar di langit.
Foto: starry night
Lima planet dan bulan berjajar di langit.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama sisa bulan Juni, kita dapat melihat lima planet berbaris di langit dini hari. Lima planet itu adalah Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus.

Dilansir dari Live Science, Kamis (23/6/2022), planet-planet akan muncul dalam urutan kedekatannya dengan matahari. Merkurius terlihat paling dekat dengan cakrawala sementara planet-planet lain melengkung rapi di langit selatan dan timur.

Baca Juga

Dari Kamis (23/6/2022) hingga Sabtu (25/6/2022), Bulan juga akan bergabung dengan parade planet, menciptakan prosesi benda langit yang sangat langka. Penyelarasan planet seperti ini belum pernah terjadi sejak 5 Maret 1864, itu 158 tahun yang lalu.

Sementara keselarasan lima planet ini telah terlihat hampir sepanjang Juni, tampilannya meningkat secara signifikan selama beberapa pekan terakhir bulan ini.

Pertunjukan dimulai sedikit setelah tengah malam ketika Saturnus menjadi terlihat dengan mata telanjang diikuti oleh Jupiter, Mars, dan Venus selama jam-jam berikutnya. Kira-kira 30 menit sebelum matahari terbit, Merkurius akhirnya bergabung dengan mereka, menyelesaikan penyelarasan epik.

Dari 23 Juni hingga 25 Juni, bulan sabit kecil akan menyelinap di antara Venus dan Mars, seolah-olah berdiri di depan Bumi dalam barisan planet sebelum fajar. Untuk mendapatkan tampilan berdekatan terbaik, pengamat bintang harus menemukan tempat dengan pemandangan cakrawala yang jelas ke arah timur. 

Teropong atau teleskop direkomendasikan. Jika Anda melewatkan keselarasan tahun ini, Anda tidak akan memiliki kesempatan lagi untuk melihat lima planet berbaris secara berurutan hingga 2040. 

Setelah Juni, planet-planet secara bertahap akan mulai berpisah, dengan Saturnus, Mars, Jupiter, dan Venus mulai tampak lebih tersebar di langit, menurut NASA. Pada September, Venus dan Saturnus tidak akan lagi terlihat oleh sebagian besar pengamat di pagi hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement