Rabu 22 Jun 2022 11:05 WIB

Anies: Pemprov DKI tak Ingin Monopoli Kegiatan Pembangunan

Pada usia yang hampir mencapai 500 tahun, Jakarta terus berbenah diri.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Sejumlah warga menyaksikan kesenian Ondel-ondel dalam memeriahkan hari ulang tahun (HUT) ke-495 Jakarta di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, Ahad (19/6/2022).
Foto: ANTARA/Aditya Pradana Putra
Sejumlah warga menyaksikan kesenian Ondel-ondel dalam memeriahkan hari ulang tahun (HUT) ke-495 Jakarta di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, Ahad (19/6/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menyatakan, pemerintahan yang dipimpinnya tidak ingin memonopoli kegiatan pembangunan. Pasalnya, Ibu Kota menjadi tempat berkumpulnya sumber daya yang penting untuk kolaborasi memaknai HUT ke-495 Jakarta.

"Sayang sekali bila pembangunan di Jakarta hanya dimonopoli oleh pemerintah kami saja," kata Anies dalam sambutan pada HUT ke-495 DKI di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Rabu (22/6/2022).

Baca: Anies Minta Maaf Kecewakan Orang Pesimistis karena Formula E Sukses, Sindir Giring?

Menurut dia, banyak lembaga berdiri di Jakarta mulai dari sektor swasta, lembaga swadaya masyarakat, hingga institusi internasional yang dapat diajak berkolaborasi. Kolaborasi merupakan salah satu inti dari tema HUT DKI tahun ini selain akselerasi dan elevasi.

Sedangkan akselerasi, lanjut dia, pihaknya ingin melakukan percepatan dalam segala hal dan elevasi ditujukan untuk menaikkan kelas Jakarta di tataran global. "Jakarta bukan sekedar pusat perekonomian, Indonesia bukan sekedar sentralnya kegiatan kebudayaan pemerintahan di Indonesia tapi Jakarta telah diakui sebagai kota yang bisa dicontoh oleh kota lain di dunia," ucap Anies.

Di sisi lain, Anies juga menyampaikan, pada usia Jakarta yang hampir mencapai 500 tahun, Ibu Kota terus berbenah diri. "Kota kita hampir mencapai 500 tahun, kota ini tidak pernah berhenti untuk berbenah diri kota ini terus menerus melakukan pembaharuan," ucap mantan menteri pendidikan dan kebudayaan itu.

Baca: Yuk, Hari Ini Naik Bus Transjakarta, MRT Jakarta, dan LRT Jakarta Gratis

Upacara HUT ke-495 DKI Jakarta pada 2022 untuk pertama kalinya diadakan di Lapangan Monas, setelah dua tahun absen akibat dilanda pandemi Covid-19.Sekitar 1.000 peserta dari aparatur sipil negara (ASN) dan perwakilan masyarakat DKI Jakarta mengikuti upacara HUT DKI.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement